Berita Konawe

KPU Konawe Selesaikan Verifikasi Administrasi Pengurus Partai Politik Lebih Cepat dari Tenggat Waktu

Komisi Pemilihan Umum atau KPU Konawe berhasil menyelesaikan verifikasi faktual pengurus partai politik (parpol) lebih cepat dari tenggat waktu.

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Komisi Pemilihan Umum atau KPU Konawe menyelesaikan verifikasi administrasi pengurus partai politik (parpol) lebih cepat dari tenggat waktu, Rabu (24/8/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Konawe berhasil menyelesaikan verifikasi faktual pengurus partai politik (parpol) lebih cepat dari tenggat waktu.

Untuk diketahui, saat ini tahapan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 telah memasuki tahapan verifikasi administrasi calon peserta.

Di Kabupaten Konawe, sebanyak 12.401 keanggotaan parpol calon peserta Pemilu yang diverifikasi administrasi melalui aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Sebelumnya tahapan verifikasi administrasi partai politik tersebut dijadwalkan berjalan dari tanggal 16-29 Agustus 2022.

Anggota KPU Konawe Divisi Parmas, Andang Masnur mengatakan, KPU Konawe lebih cepat menyelesaikan dari jadwal yang ditentukan oleh KPU RI.

Baca juga: KPU Harap Semua Partai Politik di Konawe Sulawesi Tenggara Ikut Kontestasi Pemilu 2024

"Alhamdulillah, KPU Konawe telah menyelesaikan proses verifikasi administrasi hari ini Rabu, (24/8/2022) tepat pukul 18.30 Wita," kata Andang.

Ia menambahkan, pihaknya mengapresiasi kerja-kerja seluruh tim baik komisioner dan jajaran sekretariat yang dibentuk untuk menyelesaikan tahapan ini.

Sementara itu, Komisioner Koordinator Divisi Teknis, Armanto menjelaskan, secara teknis para operator yang terdiri dari 16 orang bekerja siang malam.

Sehingga, kata dia, angka 12 ribu lebih tersebut yang terdiri dari 24 partai politik calon peserta Pemilu dapat diselesaikan lebih cepat.

"Operator kita terdiri dari 16 orang yang bekerja mulai dari tanggal 18 Agustus 2022. Hari ini telah selesai melakukan verifikasi keanggotaan 24 parpol yang diturunkan KPU RI lewat aplikasi Sipol," jelas Armanto.

Baca juga: KPU Konawe Harap Pemilu 2024 dan Pilkada Berjalan Lancar, Ajak Masyarakat Sukseskan Pesta Demokrasi

Tahapan selanjutnya secara berkesinambungan KPU Konawe akan menunggu tindak lanjut hasil verifikasi administrasi dari partai politik tanggal 19-26 Agustus 2022.

Selanjutnya akan memasuki tahapan verifikasi perbaikan tanggal 29-12 Oktober sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 260 Tahun 2022.

"Jadi untuk selanjutnya kami di kabupaten kembali menunggu arahan dari pimpinan pusat terkait hasil verifikasi administrasi tersebut," tutup Armanto.

Untuk diketahui, tahapan verifikasi administrasi ini dikerjakan oleh para operator di Ruang Aula Kantor KPU Konawe dan diawasi langsung oleh Bawaslu Konawe. (*)

(TribunnewsSultra.com/Arman Tosepu)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved