Berita Sulawesi Tenggara

Ibu-ibu di Kecamatan Wolio, Baubau Diajarkan Membuat Kue Bolu dan Ice Cream Berbahan Pangan Lokal

Mahasiswa Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari ajarkan ibu-ibu di Kecamatan Wolio, Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara manfaatkan pangan lokal.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Mahasiswa Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari ajarkan ibu-ibu di Kecamatan Wolio, Kota Baubau Provinsi Sultra manfaatkan pangan lokal jadi cuan. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Mahasiswa Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari ajarkan ibu-ibu di Kecamatan Wolio, Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) manfaatkan pangan lokal jadi cuan.

Diketahui, sejumlah mahasiswa ini merupakan peserta KKN Tematik UHO Kendari 2022  yang diprakarsai melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat atau LPPM UHO.

Ketua tim dosen pembimbing lapangan, Dr Nanik Hindaryatiningsih mengatakan dipilihnya Kecamatan Wolio sebagai lokus kegiatan ini mengingat paling terdampak pandemi adalah kelompok masyarakat perkotaan.

Kata dia, hal itu karena masyarakat di area perkotaan tidak memiliki lahan pertanian sehingga untuk kebutuhan sehari-hari semuanya diperoleh dengan membeli.

Baca juga: Pemetaan Lokasi Tambang, Mahasiswa KKN UHO Kendari Diterjunkan ke Desa Matabura Konawe

"Kita akan membuat Empat produk yakni bolu berbahan dasar pangan lokal jagung, bolu kukus berbahan dasar labu kuning, dodol berbahan dasar rumput laut dan ice cream yang juga berbahan dasar rumput laut," katanya pada Selasa (23/8/2022).

Dosen FKIP Jurusan Pendidikan Akuntansi UHO ini menuturkan pemanfaatan pangan lokal ini pun juga menjadi isu strategis dan harus menjadi perhatian masyarakat.

Dia menjelaskan, sebab saat ini bangsa Indonesia tengah diperhadapkan dengan krisis pangan akibat banyak faktor yang melanda.

"Sehingga kita harus memberikan penguatan. Ibu-ibu penjual kue nantinya bisa tetap eksis meskipun masih dalam kondisi Pandemi Covid-19," ungkap Dr Nanik Hindaryatiningsih.

"Maka pembuatan kue berbahan pangan lokal, manajemen usaha dan manajemen pemasaran berbasis digital inilah yang diberikan kampus,"jelasnya.

Baca juga: Bupati Wakatobi Beri Bantuan Beasiswa Rp2 Miliar di IAIN Kendari, Apresiasi Inovasi Mahasiswa KKN

Kehadiran kegiatan ini pun membawa angin segar bagi para kaum Ibu karena memberikan peluang bisnis sebagai penguatan ekonomi keluarga.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved