Hari Kemerdekaan

Jokowi Pakai Dolomani Saat Upacara HUT RI ke-77, Gubernur Sultra Sebut Bangga dan Berterima Kasih

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggunakan pakaian adat Buton saat upacara pengibaran bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/La Ode Ari
Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi ditemui usai upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia atau HUT RI ke-77 di Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Rabu (17/8/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggunakan pakaian adat Buton saat upacara pengibaran bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

Baju adat Kesultanan Buton yang dikenakan Jokowi bernama Dolomani yang dibuat penjahit di Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dengan dipilihnya baju adat Buton saat upacara pengibaran bendera, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengaku bangga dan mengucap terima kasih kepada Presiden Jokowi.

"Saya mewakili masyarakat Sultra mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden Jokowi atas berkenannya menggunakan baju adat Buton," ucapnya, Rabu (17/8/2022).

Menurut Ali Mazi, hal ini menjadi kebanggaan tersendiri, karena tak mudah meyakinkan Presiden untuk memakai pakaian adat ini pada Hari Kemerdekaan RI ke-77.

Baca juga: Mengenal Pakaian Adat Dolomani dari Buton Sulawesi Tenggara Dipakai Presiden Jokowi di HUT RI 2022?

Apalagi, memakai busana atau pakaian adat sudah menjadi tradisi tersendiri Jokowi dalam setiap momen Hari Kemerdekaan RI.

"Karena setiap tahun seluruh provinsi, ingin pakaian adatnya digunakan oleh Presiden pada momen upacara 17 Agustus," ujarnya.

Kebanggaan lain, kata Ali Mazi, selain pengunaan baju adat Buton, pihak Istana Negara menampilkan tari lumense, yang menjadi tarian adat masyarakat Kabaena, Bombana.

Gubernur Sultra meminta, masyarakat Sulawesi Tenggara dapat terus melestarikan budaya mulai dari beragam busana dan tarian.

Ali Mazi mengatakan budaya untuk melestarikan pakaian adat di berbagai daerah di Sultra sudah dilakukan dengan mewajibkan seluruh pegawai memakai batik bercorak khas daerah setiap Kamis.

Baca juga: Sosok Penjahit Baju Adat Buton Dolomani untuk Dikenakan Presiden Jokowi pada Upacara HUT RI ke-77

"Karena hal ini menjadi kebanggaan, terbukti dengan perayaan HUT RI ke-77, Presiden memakai baju adat Buton," ujar politisi Partai NasDem ini. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved