Hari Kemerdekaan

Jokowi Gunakan Baju Kesultanan Buton saat Upacara HUT RI, Wali Kota Baubau Ucapkan Terima Kasih

La Ode Ahmad Monianse mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang telah menggunaka baju adat Kesultanan Buton.

La Ode Muh Abiddin
Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Moninase saat ditemui usai Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 77 di Lapangan Lembah Hijau Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (17/8/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang telah menggunaka baju adat Kesultanan Buton.

Jokowi mengenakan pakaian adat Dolomani, pada upacara HUT RI di Istana Negara, Rabu (17/8/2022).

La Ode Ahmad Monianse mengungkapkan rasa bangga ketika Presiden Jokowi mengenakkan baju adat Kesultanan Buton yang dikirimkan oleh Pemerintah Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Kami atas mewakili seluruh masyarakat Kota Baubau dan seluruh masyarakat kebudayaan Buton mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden karena telah menggunakan pakaian adat Buton," katanya usai upacara di Lapangan Lembah Hijau Kota Baubau.

Baca juga: Sambut HUT Kemerdekaan RI, Kantor Bahasa Bangkitkan Literasi Siswa di Baubau Lewat Saka Bahasa

Hal ini akan menjadi motivasi masyarakat Kota Baubau, provinsi Sultra bahwa kebudayaan harus selalu dikembangkan.

Monianse mengatakan, pakaian adat Kesultanan Buton juga pernah dipakai Presiden pertama Indonesia yaitu Bapak Soekarno pada tahun 70-an.

"Hanya saja berbeda model, kalau Presiden Jokowi menggunakan Dolomani dan Presiden Soekarno menggunakan juba," ungkapnya.

Baca juga: Hari Kemerdekaan RI ke-77 Ini Harapan Wali Kota dan Ketua DPRD Baubau Sulawesi Tenggara

"Ini untuk kedua kalinya kepala negara menggunakan pakaian adat Kesultanan Buton," sambungnya.

Diketahui, dalam pembuatannya pakaian adat Kesultanan Buton ini dibuat sangat cepat dan diselesaikan hanya selama dua hari.

Pakaian adat Dolomani ini dibuat oleh Bapak Husein sekaligus pemilik Sampaga Taylor di Kelurahan Tomba, Kecamatan Wolio, Kota Baubau, provinsi Sultra. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved