Berita Konawe Selatan

BMKG Kendari Sultra Sebut Gempa Bumi 3,5 SR di Moramo Utara Konawe Selatan Tak Berpotensi Tsunami

Wilayah Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diguncang gempa bumi, pada Senin (15/8/2022).

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
BMKG Kendari Sultra Sebut Gempa Bumi 3,5 SR di Moramo Utara Konawe Selatan Tak Berpotensi Tsunami 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Wilayah Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diguncang gempa bumi, pada Senin (15/8/2022).

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG Kendari, kekuatan gempa bumi sebesar 3,5 skala richter terjadi sekira pukul 18.21 Wita. 

BMKG Kendari menyebut titik gempa tektonik tersebut berlokasi di darat dengan jarak 16.6 km, Timur Laut Moramo Utara, Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 kilometer.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari, Segmen Tengah di Timur Laut Moramo Utara, Konawe Selatan," kata Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin.

Rudin menuturkan gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. Sementara dari wilayah titik gempa bumi belum ada laporan kerusakan dampak.

Baca juga: Gempa Bumi Terkini 3,5 Skala Richter di Moramo Utara Konawe Selatan Sulawesi Tenggara

"Hingga pukul 18.40 Wita, hasil monitoring BMKG Kendari menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan," ucapnya.

Untuk itu, BMKG Kendari mengimbau masyarakat tidak panik dan tetap tenang serta tidak percaya dengan isu yang beredar soal gempa bumi tersebut.

Rudin mengatakan masyarakat agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa bumi.

Kemudian, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa bumi, tidak ada kerusakan akibat getaran membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved