Berita Baubau

Antisipasi Musibah Kebakaran, KPU Baubau Gandeng Dinas Pemadam Kebakaran Gelar Simulasi

KPU Kota Baubau menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan menggelar simulasi penanganan dan pemadaman kebakaran, mendukung tahapan Pemilu.

Penulis: La Ode Muh Abiddin | Editor: Risno Mawandili
La Ode Muh Abiddin/TribunnewsSultra.com
KPU Kota Baubau menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan setempat, menggelar simulasi penanganan dan pemadaman kebakaran dalam rangka mendukung tahapan Pemilu 2024. Kegiatan itu bertempat di halaman kantor KPU Baubau, Sabtu (13/8/22). Diikuti seluruh Komisioner dan staf kesekretariatan. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DKP) setempat untuk menggelar simulasi penanganan dan pemadaman kebakaran dalam rangka mendukung tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kegiatan ini bertempat di halaman kantor KPU Baubau, Sabtu (13/8/22).

Diikuti seluruh komisioner dan staf kesekretariatan.

Baca juga: BNN Kolaka dan Bea Cukai Kendari Sultra Gagalkan Penyelundupan 1 Kilogram Ganja Asal Medan

Baca juga: Izat Asal Baubau Jadi Peserta The Voice All Star Indonesia, Minta Dukungan Masyarakat Sultra

"Simulasi ini bertujuan untuk memastikan semua aset KPU aman," ucap Ketua KPU Baubau Edi Sabara.

Ia mengataklan, hal ini perlu dilakukan mengingat saat itu pernah terjadi musibah kebakaran di kantor KPU Tanah Tidung Kalimantan Utara.

Pelatihan ini diharapkan meminimalisir, serta memitigasi bahaya kebakaran.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan Alat Pemadam Api Ringan (Apar) untuk disimpan di kantor maupun gudang KPU Baubau yang setiap tahun harus diganti.

"Menjadi pengetahuan bagi kami (Materi simulasi), dan Apar-nya kami siapkan, tetapi mudah-mudahan jangan sampai digunakan. Artinya keselamatan kita semua terjaga," terangnya.

Edi Sabara menjelaskan, mengingat pentingnya pencegahan kebakaran, maka pihaknya akan menggelar simulasi ini secara berkala.

Menurutnya, jika berkali-kali mendapatkan pelatihan dari tim profesional, maka semakin memantapkan pemahaman serta keterampilan dalam meminimalisir bahaya kebakaran.

Dalam simulasi yang baru pertama kali dilaksanakan KPU Baubau ini, personil DKP Baubau memperlihatkan cara penggunaan Apar, teknik memadamkan api menggunakan karung yang telah dibasahi air, juga cara memasang serta membuka regulator tabung gas.

Para Komisioner dan staf kesekretariatan KPU Baubau tampak antusias mengikuti jalannya simulasi. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved