Berita Kendari

Pemkot MoU Bank Sultra Hadirkan Program AMAN, Cegah Praktik Rentenir di Kendari Sulawesi Tenggara

Pemerintah Kota Kendari bekerja sama dengan Bank Pendapatan Daerah (BPD) atau Bank Sultra menghadirkan program Iyamo Parasayai Rentenir (AMAN).

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Pemerintah Kota Kendari bekerja sama dengan Bank Pendapatan Daerah (BPD) atau Bank Sultra menghadirkan program Iyamo Parasayai Rentenir (AMAN). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemerintah Kota Kendari bekerja sama dengan Bank Pendapatan Daerah (BPD) atau Bank Sultra menghadirkan program Iyamo Parasayai Rentenir (AMAN).

Melalui program ini, Pemkot Kendari bersama perbankan membantu memfasilitasi modal kerja bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan kerja sama ini dihadirkan untuk melindungi para pelaku usaha dari praktik rentenir.

Sinergitas ini dilaksanakan agar pelaku UMKM dapat menggunakan layanan yang diberikan kepada lembaga keuangan atau perbankan dan tidak terjebak pada praktik rentenir.

"Karena praktik rentenir biasanya hanya menyebutkan bunga rendah misalnya satu persen tetapi tiap hari," katanya, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: Penjelasan Sulkarnain Kadir Soal Gaji ASN Pemkot Kendari Telat Dibayar, Bantah Disalahgunakan

"Sehingga pemerintah serta perbankan hadir melalui program ini agar usaha dari pelaku UMKM dapat berkembang," tambahnya.

Menurutnya, praktik rentenir ini sangat mengkhawatirkan karena sudah banyak kasus yang ditemui di Kota Kendari membuat pelaku usaha tidak berkembang.

Katanya, program ini hadir untuk memfasilitasi pelaku UMKM, kemudian akan direkomendasikan peminjaman di Bank Sultra.

"Nantinya mereka akan dilayani sekaligus dibimbing agar pinjaman kredit dipergunakan untuk keperluan usaha, supaya bisnis pelaku usaha bisa berkembang," pungkasnya.

Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku usaha tentang manfaat layanan yang diberikan oleh jasa perbankan.

Baca juga: Pemkot Kendari Resmikan Program Percepatan Akses Keuangan Daerah, Ada Kredit Melawan Renternir

Kata Abdul Latif program tersebut berbeda dengan praktik rentenir yang dapat merugikan para pelaku UMKM di Kota Kendari.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Kendari yang telah memberikan kepercayaan kepada kami dalam pelaksanaan program ini, poinnya adalah untuk membantu pelaku UMKM," jelasnya.

Katanya, inti dari pelaksanaan penandatanganan kerja sama ini yaitu untuk membantu pelaku usaha yang selama ini belum bisa mengakses perbankan dan terjebak praktik rentenir.

Abdul Latif menuturkan, banyak pelaku UMKM yang telah berbisnis 5-10 tahun, tetapi tidak berkembang karena pengetahuan akan pengelolaan keuangannya masih minim.

"Jadi melalui kerja sama ini, Bank Sultra akan membantu mereka untuk memberikan kredit dengan bunga yang lebih rendah dari rentenir," katanya.

Baca juga: Wali Kota Sulkarnain Beberkan Cara Sediakan Sumber Air Bersih di Kendari, Bangun Kerja Sama BUMN

"Diharapkan uang yang diberikan akan dipergunakan untuk keperluan usaha, dan bisnisnya akan bisa tumbuh," ujarnya menambahkan. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved