Berita Kendari

Kolam Retensi Skala Kecil Bakal Dibangun di Hulu Kali Kadia, Upaya Pemkot Kendari Tangani Banjir

Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bakal membangun Kolam Retensi skala kecil di kawasan hulu Kali Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemerintah Kota (Pemkot) bakal membangun Kolam Retensi skala kecil di kawasan hulu Kali Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal ini disampaikan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, di sela-sela peletakan batu pertama pembangunan drainase dan jalan lingkungan di Jalan Segar, Pondambea, Kadia, Jumat (12/8/2022).

Sulkarnain Kadir mengatakan pembangunan Kolam Retensi skala kecil tersebut untuk menangani masalah banjir di kawasan bantaran Kali Kadia yang sering dialami warga sekitar saat musim penghujan.

Kata dia, saat ini dirinya telah memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Kendari untuk mencari lahan pembangunan Kolam Retensi tersebut.

"Kali Kadia yang sudah ditangani itu di depan Hotel Plaza Iin sampai ujung dekat Kantor KPP Pratama, sementara pembenahan, kami mulai dari hilir, nanti Kolam Retensi akan bangun dibagian hulu," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Kendari Diminta Siapkan Baju Adat, Bakal Jadi Pilihan Presiden Jokowi Dipakai di HUT RI ke-77

Sulkarnain Kadir mengaku keinginan tersebut termotivasi melihat dan belajar dari pengalaman penanganan banjir yang telah dilakukan di Sungai Wanggu, dengan pembangunan Kolam Retensi.

Hadirnya Kolam Retensi di Jalan Boulevard Kelurahan Lepo-Lepo, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah membantu penanganan banjir yang sering terjadi di Sungai Wanggu.

"Iya, akhirnya selesai, tidak ada lagi banjir, berkat pengetahuan itu kita ingin juga hadir di Kali Kadia. Jadi kami minta kawasan kurang lebih minimal satu hektar kita bebaskan lahannya," ucap Sulkarnain Kadir.

"Kita cari wilayah hulu yang agak sedikit ke atas, supaya jika bersamaan dengan pasangnya air laut di Teluk Kendari, itu bisa ditampung dulu di Kolam Retensi," jelasnya.

"Supaya kita bebas banjir di kawasan ini. Jika bisa lebih dari itu, lebih bagus lagi supaya persiapannya bisa untuk jangka panjang," tutupnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved