MTQ Sultra

MTQ ke-29 Sulawesi Tenggara Resmi Digelar di Kota Kendari Sultra, Kategori Lomba dan Besaran Hadiah

Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ ke-29 Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi digelar di Kota Kendari pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ ke-29 Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi digelar di Kota Kendari pada Rabu, 10 Agustus 2022. Rangkaian kegiatan MTQ ke-29 Provinsi Sultra yang dipersiapkan panitia akan berlangsung sampai 16 Agustus 2022. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ ke-29 Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi digelar di Kota Kendari pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Rangkaian kegiatan MTQ ke-29 Provinsi Sultra yang dipersiapkan panitia akan berlangsung sampai 16 Agustus 2022.

Agenda pawai lintas agama atau etnoreligius menjadi awal ditandainya pembukaan MTQ ke-29 Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kegiatan pawai ini bukan hanya diikuti sejumlah peserta delegasi dari berbagai daerah, tetapi turut dimeriahkan oleh umat agama lainnya di Sultra.

Seluruh peserta tetap melaksanakan pawai lintas agama meski dalam kondisi diguyur hujan mulai pukul 10.00 Wita.

Baca juga: Pawai Lintas Agama Akan Warnai Pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara 2022 di Kota Kendari

Panitia MTQ ke-29 Provinsi Sulawesi Tenggara, Sawal Sitanggang, mengatakan, ada tujuh cabang yang dipertandingkan dalam event tersebut.

Kata dia, cabang yang dipertandingkan terdiri seni membaca tulis Al-Qur'an hingga tafsir Al-Qur'an dan hafalan.

"Jadi, yang dipertandingkan ini terdiri dari beberapa kategori atau golongan untuk putra putri. Kemudian untuk anak-anak dan kategori dewasa," ucapnya, Rabu (10/8/2022).

Dia menguraikan adapun cabang yang kategori yang dipertandingkan yaitu cabang seni membaca Al-Qur'an terdiri golongan tartil, tilawah anak-anak, tilawah remaja, tilawah dewasa dan tunanetra.

Kemudian, cabang qiraat Al-Qur'an, terdiri mujawad dewasa, murattal dewasa dan remaja, hafalan Al-Qur'an terdiri satu juz dan tilawah, lima juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz, 30 juz.

Baca juga: MTQ Tingkat Provinsi Sultra Bakal Digelar 10 Agustus 2022, Dimeriahkan Pawai Taaruf Lintas Agama

Selanjutnya, cabang tafsir Al-Qur'an, kategori yang dipertandingkan untuk bahasa Arab, Indonesia, dan Inggris, cabang kaligrafi Al-Qur'an terdiri golongan naskah, hiasan atau mushab, dekorasi, kontemporer.

Sementara dua cabang terakhir yang dipertandingkan, yaitu cabang syar'il Al-Qur'an, fahmil Al-Qur'an, serta cabang karya tulis ilmiah Al-Qur'an untuk putra putri.

Sawal Sitanggang menyampaikan, untuk pelaksanaan MTQ dibagi empat titik lokasi yaitu Hotel Azizah Kendari, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan atau BPMP Provinsi Sulawesi Tenggara.

Lokasi tersebut, kata dia, untuk pertandingan cabang khattil Al-Qur'an dan penulisan karya tulis ilmiah Al-Qur'an.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved