Berita Wakatobi

Keseruan Ratusan Warga Desa Wungka di Wakatobi Sultra Ikut Lomba saat Festival Layang-layang

Warga Wungka salah satu desa di Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara yang mengikuti perlombaan di festival layang-layang.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Perlombaan saat festival Layang-layang ini tepatnya berada di Desa Wungka, Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Begini keseruan ratusan warga Wungka, salah satu desa di Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara yang mengikuti perlombaan di festival layang-layang.

Panitia pelaksana, Susan Agil Dwi Silviani mengatakan mulai dari anak kecil, kaum remaja, laki-laki dewasa hingga ibu-ibu turut berpartisipasi dalam perlombaan ini.

"Tidak ada batasan umur. Siapa saja bisa ikut bahkan sejumlah ibu-ibu pub antusias mengikuti perlombaan ini," katanya pada Selasa (9/8/2022).

Perlombaan Layang-layang ini tepatnya berada di Desa Wungka, Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Baca juga: Wakatobi dan Konawe Selatan Jadi Basis Perfilman dan Kriya, Usaha Dispar Sultra Dorong Desa Wisata

Kata Susan Agil Dwi Silviani, perlombaan salah satu permainan tradisional ini merupakan kegiatan tahunan desa setempat yang telah menjadi ikon dari desa Wungka, Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

"Kegiatan ini sudah tahun ketiga dilaksanakan walaupun pada tahun 2021 tidak terlaksana karena pandemi Covid -19," ungkapnya.

"Lalu kami mahasiswa KKN ditawarkan desa untuk menjadi penggerak dari festival layang-layang ini," jelasnya menambahkan.

Mengusung tema budaya lokal satukan bangsa untuk kemerdekaan, ragam layang-layang dengan berbagai warn dan bentuk pun mengudara di langit kala itu.

"Ada dua kriteria penilaian yang pertama kreativitas dan posisi naik. Namun keunikan layang-layang juga jadi bahan penilaiannya yang penting masih sesuai dengan tema yang sudah ditentukan," ujar Susan Agil Dwi Silviani.

Baca juga: Pemprov Sultra dan Maskapai Penerbangan Masih Diskusikan Skema Subsidi Penumpang Rute Wakatobi

Diketahui, kegiatan menarik ini merupakan kolaborasi Mahasiswa KKN 2022 IAIN Kendari bersama Desa Wungka, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

"Hadiah juara satu sebesar Rp1,5 juta, dan juara dua sebesar Rp1 juta, dan juara tiga sebesar Rp500 ribu," terang Susan Agil Dwi Silviani.

Untuk dana hadiahnya sendiri tersalurkan melalui proposal yang dilayangkan dua poskoh mahasiswa KKN di Kabupaten Wakatobi ini.

Sang juara telah mencuri perhatian panitia, sementara itu penyerahan hadiah bakal diumumkan dan diberikan pada tanggal 15 Agustus 2022 mendatang. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved