Berita Baubau

49 Ribu Produk Tidak Memenuhi Ketentuan Dimusnahkan Loka POM Baubau Sultra, Pangan Mendominasi

Loka POM (Pengawasan Obat dan Makanan) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) memusnahkan puluhan ribu produk tidak memenuhi ketentuan (TMK).

TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin
Loka POM (Pengawasan Obat dan Makanan) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) memusnahkan puluhan ribu produk tidak memenuhi ketentuan (TMK). Sebanyak 49 ribu lebih produk tersebut merupakan temuan Loka POM Baubau, Sultra sepanjang empat tahun terakhir yaitu 2018-2022. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Loka POM (Pengawasan Obat dan Makanan) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) memusnahkan puluhan ribu produk tidak memenuhi ketentuan (TMK).

Sebanyak 49 ribu lebih produk tersebut merupakan temuan Loka POM Baubau, Sultra sepanjang empat tahun terakhir yaitu 2018-2022.

Terdapat lima komoditi dari puluhan ribu pcs produk yang tidak memenuhi ketentuan atau TMK tersebut di antaranya, kosmetik, pangan, obat-obatan, suplemen kesehatan dan obat tradisional.

"Jumlah barang temuan dari tahun 2018 -2022 sejumlah 49.354 pcs dengan nominal Rp410 juta lebih,” kata Kepala Loka POM Baubau, Ryan Peri Kusuma, Jumat (5/8/2022).

Ia mengatakan, produk yang dimusnahkan adalah barang yang telah kedaluwarsa dan tidak memiliki izin peredaran.

Baca juga: Cegah Peredaran Kosmetik Ilegal di Baubau Sulawesi Tenggara, Loka POM Sosialisasi kepada Pedagang

"Kami menemukan di lima wilayah kerja kita, mulai dari Kota Baubau, Buton Tengah, Buton Selatan, Buton, serta Kabupaten Buton Utara," terangnya.

Ia menyebut jenis pelanggarannya beragam, mulai tanpa izin edar, kedaluwarsa serta ada juga produk yang telah ditarik dari peredaran karena positif mengandung bahan berbahaya).

"Seluruh produk yang telah kami musnahkan ini merupakan penyerahan dari pemilik dan telah dikuasakan untuk dimusnahkan,” kata Ryan.

Kata dia, seluruh barang yang dimusnahkan merupakan hasil sitaan dari pedagang, sebagian produk juga telah dimusnahkan di tempat.

Kepada pemilik sarana atau penjual diberikan pembinaan dan sanksi administrasi berjenjang, jika tidak mengindahkan dan tetap menjual produk tanpa izin edar, Loka POM akan melangkah ke proses pidana.

Baca juga: Beredar Susu Kedaluwarsa, BPOM Kendari Ingatkan Cek Kemasan Produk Sebelum Membeli

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved