Opini

OPINI: Bumi Anoa dan Sejarah Lokal Sulawesi Tenggara Sebagai Kebanggaan Daerah

Sejarah merupakan tonggak penggerak jiwa nasionalisme anak bangsa. Begitu pula sejarah Sulawesi Tenggara dengan tokoh pejuang dan kearifan lokalnya.

Editor: Risno Mawandili
Istimewa
PENULIS OPINI Surya Thalib - Ia merupakan alumni SMA Negeri 2 Kendari, Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang, serta Dewan Pendiri Kaum Muda SRS Kendari. 

Oleh Surya Thalib

Penulis adalah Alumni SMA Negeri 2 Kendari, Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang, juga Dewan Pendiri Kaum Muda SRS Kendari.

TRIBUNNEWSSULTRA.COM,KENDARI - Sejarah merupakan tonggak penggerak jiwa nasionalisme anak bangsa.

Tanpa sejarah, peristiwa yang terjadi di masa lalu akan menajadi sebuah ketidaktahuan dikemudian hari.

Tanpa sejarah yang berdarah-darah, Indonesia tak akan mendapatkan kemerdekaan seperti saat ini.

Kejadian yang terjadi di masa lampau sangat perlu untuk diketahui mengingat pengetahuan terhadap sejarah merupakan bukti dan penambahan wawasan bagi generasi baru. Terutama pada siswa yang masih menimbah ilmu di tingkat pendidikan menengah hingga pendidikan menegah atas.

Indonesia tercatat sebagai korban atas kekejaman penjajahan Belanda 350 tahun lamanya. Penjajahan dilakukan dengan alibi memakmurkan negeri Hindia Belanda.

Tiga setengah abad lamanya perlakuan Kolonial Belanda terhadap bangsa di Tanah Air begitu kejam, dari sistem tanam paksa, politik intimidasi, kekerasan, hingga pemerasan.

Kerja rodi itu terus dilakukan dari satu kepemimpinan ke pepemipinan selanjutnya. Hingga akhirnya munculnya tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan bangsa indonesia seperti Cuk Nyak Dien dari Aceh, Pangeran Diponegoro dari Yogyakarta, serta Ir Soekarno dari Jawa Timur dan Drs Moh Hatta dari Sumatra Barat.

Baca juga: OPINI: Rekrutmen Bersama BUMN, Realistis atau Asal-asalan?

Mereka adalah deretan tokoh pejuang yang berhasil memerdekakan bangsa Indonesia.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved