Berita Konawe

Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak di Konawe Sulawesi Tenggara, Pemilihan Digelar Oktober 2022

Sebanyak 168 Desa di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades Serentak pada Oktober 2022.

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konawe, Keny Yuga Permana. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE - Sebanyak 168 Desa di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades Serentak pada Oktober 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konawe, Keny Yuga Permana mengatakan, landasan hukum pelaksanaan Pilkades Serentak ini telah ditandatangani Bupati Kery Saiful Konggoasa.

Landasan tersebut tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 43 Tahun 2022 tentang Tahapan Pilkades.

"Perbup ini didalamnya membahas tentang pelantikan panitia pemilihan, persiapan dan penetapan program kerja panitia pemilihan meliputi rencana kerja," kata Keny, Rabu (3/8/2022).

"Kemudian, rencana anggaran biaya dan lainnya, penyusunan daftar pemilih, pengumuman, pendaftaran dan penetapan calon kepala desa," lanjutnya.

Baca juga: Jelang Pilkades 2022 dan Pemilu 2024, Polres Konawe Bangun Sinergitas dengan DPRD

Keny Yuga Permana menambahkan, dalam Perbup tersebut juga mengatur syarat calon Kepala Desa (Kades).

Di mana, terkait petunjuk teknis (juknis) tahapan pelaksanaan Pilkades Serentak Konawe dalam Pasal 13 disebutkan salah satu persyaratan calon Kepala Desa pendidikannya minimal SMP atau Sederajat.

Selanjutnya, untuk usia minimal 25 tahun dan tidak ada batasan usia serta persyaratan bisa baca tulis Al-Qur'an bagi calon Kepala Desa dihapuskan.

Selengkapnya, berikut ini TribunnewsSultra.com, bagikan jadwal dan tahapan Pilkades Serentak Tahun 2022 di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

- Pembentukan Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten: 4 Juli 2022

Baca juga: 168 Desa Ikut Pilkades Serentak di Konawe Ada Syarat Tambahan, Digelar Agustus 2022 Mendatang

- Sosialisasi Perda Pilkades, Perbup Pilkades dan Perbup Biaya Pilkades kepada Badan Permusyawaratan Desa setiap Kecamatan: 21 Juli-4 Agustus 2022

- Pembentukan Panitia Pilkades Tingkat Desa oleh BPD: 5-14 Agustus 2022

- Sosialisasi Perda Pilkades, Perbup Pilkades dan Perbup Biaya Pilkades kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa: 15-16 Agustus 2022.

- Pengajuan Proposal (RAB) Pilkades oleh Panitia Pilkade: 17-24 Agustus 2022

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved