Berita Kendari

Agar Lolos Tahapan Verifikasi KPU, Jumlah Anggota Partai Politik di Kota Kendari Minimal 344 Orang

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Kendari, Jumwal Shaleh mengatakan jumlah minimal anggota partai politik (parpol) di Kota Lulo sebanyak 344 orang.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Jumwal Shaleh mengatakan jumlah minimal anggota partai politik (parpol) di Kota Lulo sebanyak 344 orang. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Jumwal Shaleh mengatakan jumlah minimal anggota partai politik (parpol) di Kota Lulo sebanyak 344 orang.

Kata dia, jumlah tersebut ditentukan berdasarkan data penduduk semester pertama dan kedua tahun 2021 yang diserahkan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ke KPU.

"Ini sesuai dengan keputusan KPU RI tentang penentuan jumlah minimal keanggotaan untuk partai politik," ujarnya, Rabu (3/8/2022).

Jumwal Shaleh menjelaskan syarat anggota parpol sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum adalah 1.000 atau satu per seribu (1/1000).

Ia menjelaskan dengan ketentuan jika suatu daerah yang jumlah penduduknya di atas satu juta jiwa, biasanya mengambil syarat yang 1.000.

Baca juga: KPU Kota Kendari Buka Layanan Konsultasi Informasi Pendaftaran, Verifikasi hingga Penetapan Parpol

"Namun jika penduduknya di bawah satu juta jiwa maka biasanya mengambil 1/1000," ujar Jumwal Shaleh.

Kemudian, berdasarkan data penduduk tersebut, Jumwal menyebut jumlah penduduk Kota Kendari semester pertama dan kedua tahun 2021 adalah 343.320.

Sehingga dengan jumlah penduduk ini, Kota Kendari berada pada kelompok daerah dengan jumlah penduduk di bawah satu juta, maka syarat parpol yang harus dipenuhi adalah 343,320 dari 1/1000.

"Sesuai dengan PKPU Nomor 4 Tahun 2022 yang angkanya ada koma atau desimal, maka digenapkan ke atas menjadi 344. Jadi syarat minimal keanggotaan parpol di Kota Kendari adalah 344 orang," jelasnya.

Sebagaimana tugas KPU Kota Kendari, pihaknya akan melakukan verifikasi faktual, untuk memastikan data-data yang masuk.

Baca juga: Pengurus Partai Politik Daerah Diminta Siapkan Tiga Hal Ini untuk Tahapan Verifikasi KPU Kendari

Jika saat verifikasi faktual didapati ada kegandaan dan dinyatakan kurang, maka parpol harus menambah kekurangannya dua kali lipat dari data yang diserahkan.

"Umpama sudah melakukan verifikasi kemudian kekurangan lima orang, maka syaratnya harus menambah 10 orang dan seterusnya," bebernya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved