Berita Sulawesi Tenggara

Pengurus Partai Politik Daerah Diminta Siapkan Tiga Hal Ini untuk Tahapan Verifikasi KPU Kendari

Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Kendari meminta pengurus partai politik di daerah menyiapkan persyaratan dan kelengkapan untuk tahapan verifikasi.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Komisioner KPU Kota Kendari saat sosialisasi PKPU Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi kepada pengurus partai politik di daerah, bertempat di Hotel Kubah 9 Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Selasa (2/8/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Kendari meminta pengurus partai politik di daerah menyiapkan persyaratan dan kelengkapan untuk tahapan verifikasi.

Hal ini disampaikan KPU Kota Kendari saat sosialisasi PKPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2024.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh, menyampaikan, saat ini tahapan pendaftaran partai politik di KPU RI.

Kata dia, pendaftaran dilakukan oleh pengurus pusat masing-masing partai politik calon peserta Pemilu 2024.

"Nanti KPU daerah hanya melakukan verifikasi administrasi dan faktual sesuai aturan atau petunjuk teknis dari KPU," ucapnya, Selasa (2/8/2022).

Baca juga: KPU Sulawesi Tenggara Siapkan Layanan Helpdesk Bantu Parpol di Sultra Hadapi Tahapan Pemilu 2024

Jumwal Shaleh menjelaskan, merujuk aturan, KPU kabupaten dan kota hanya akan melaksanakan verifikasi faktual untuk parpol calon peserta Pemilu yang telah mendaftar di KPU RI.

Kata Jumwal, verifikasi faktual untuk parpol baru dan partai politik yang tidak memiliki perwakilan di DPR RI.

"Sementara verifikasi administrasi itu menunggu perintah dari KPU RI," ucap Ketua KPU Kota Kendari tersebut.

Untuk verifikasi faktual, ia menyampaikan ada tiga yang akan dilakukan untuk partai politik di daerah, yaitu kepengurusan, sekretariat/kantor, dan syarat keanggotaan.

Ia merinci syarat minimal keanggotaan partai politik di daerah 1/1000 dari jumlah penduduk di daerah tersebut.

Baca juga: Nama-nama 45 Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 yang Terdaftar Sistem Informasi Parpol KPU

"Sementara jumlah penduduk di Kota Kendari dari data Kemendagri berjumlah 343.320. Jadi batas minimal keanggotaan parpol di Kendari 344 orang untuk syarat lolos verifikasi," jelasnya.

Ketua KPU Kota Kendari ini menyampaikan tiga hal tersebut menjadi urgent (mendesak) untuk pengurus parpol di daerah agar bisa dinyatakan lolos verifikasi di KPU.

Untuk tahapan verifikasi administrasi parpol dimulai pada 2 Agustus-11 September 2022. Sementara verifikasi faktual mulai dilaksanakan 15 Oktober-4 November 2022.

Selain itu, dalam tahapan verifikasi administrasi, KPU juga sudah menyediakan helpdesk sebagai sarana komunikasi parpol selama tahapan verifikasi. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved