Berita Baubau

Muara Lakologou Kota Baubau Sulawesi Tenggara Mirip Sungai Amazon, Lokasi Wisata Wajib Dikunjungi

destinasi wisata yang perlu dikunjungi yaitu Muara Lakologou atau Kali Bungi, Kota Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra), mirip Sungai Amazon.

La Ode Muh Abiddin
Wisata Muara Lakologou atau Kali Bungi, Kelurahan Lakologou, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra). Foto: La Ode Muh Abiddin 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Saat kepenatan melanda, salah satu aktivitas untuk menghilangkan penat dengan cara berwisata dengan keluarga maupun teman.

Salah satu destinasi wisata yang perlu dikunjungi yaitu Muara Lakologou atau Kali Bungi disebut-sebut mirip Sungai Amazon di Amerika Serikat.

Muara Lakologou atau Kali Bungi itu terletak di Kelurahan Lakologou, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Saat menyusuri Muara Lakologou, wisatawan disuguhkan pemandangan tanaman manggrove di sepanjang Muara Lakologou.

Baca juga: Unik! Pohon Pisang Raja di Baubau Sulawesi Tenggara Punya Dua Jantung Dalam Satu Tandan

Ketua Pokdarwis Kelurahan Lakologou Erna mengatakan, wisata muara Lakologou atau manggrove Lakologou ini memiliki luas kurang lebih 55.000 Hektar.

"Muara Lakologou ini sering disebut dengan Sungai Amazon di Indonesia," kata dia kepada media ini, Sabtu (30/7/2022).

Selain menikmati keindahan alam dan tumbuhan mangrove, kata dia, ketika menyusuri Muara Lakologou ini wisatawan juga dapat melihat beberapa satwa, salah satunya burung kaka tua.

Walaupun keindahan muara Lakologou ini terlihat sangat menarik untuk dikunjungi, lanjutnya, tetapi masih ada beberapa fasilitas yang kurang.

"Kami pastinya memiliki kekurangan, seperti halnya perahu. Karena kita itu kalau mau menyusuri Muara ini harus mencari perahu nelayan," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga mengaku memiliki kekurangan spot untuk tempat beristirahat atau tempat untuk berfoto.

Baca juga: Pedagang di Baubau Diingatkan Tak Jual Kosmetik Ilegal, Pelaku Bisa Dipidana hingga 15 Tahun Penjara

Sehingga ia berharap, kedepannya pemerintah Kota Baubau dapat mengembangkan potensi wisata yang telah ada ini.

Untuk dapat menikmati wisata di Muara Lakologou atau Kali Bungi ini masyarakat hanya perlu merogoh kocek Rp 100.000 dengan menggunakan perahu warga dengan kapasitas 5 orang.

Selain itu, jarak tempuh dari Kota Baubau menuju lokasi wisata muara Lakologou atau Kali Bungi ini hanya berjarak 10 Kilo meter atau bisa ditempuh dengan waktu 10 - 15 menit. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved