Berita Kendari

Mahasiswa Fakultas Farmasi UHO Kendari Sosialiasi Penggunaan Obat Kolestrol Pada Lansia

mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari sosialisasi penggunaan obat kolestrol.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Mahasiswa Apoteker Fakultas Farmasi UHO Kendari edukasi penggunaan obat kolestrol pada lansia yang dilakukan di Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari Provinsi Sultra pada Minggu (30/7/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Sejumlah mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari sosialisasi penggunaan obat kolestrol pada lansia.

Sejumlah mahasiswa Fakultas Farmasi UHO Kendari didampingi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat atau LPPM UHO.

Lalu ada turut didampingi beberapa dosen UHO bekerjasama dengan Puskesmas Poasia Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Anggota tim pelaksana, Khusnul Khatima mengatakan edukasi ini dilakukan dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kesadaran akan pentingnya penggunaaan obat kolesterol pada lansia.

Baca juga: Mahasiswa Fakultas Farmasi UHO Kendari dan Puskesmas Lepo-lepo Gelar Sosialisasi Pencegahan Stunting

"Iya. Jadi LPPM UHO bersama dosen dan kami mahasiswa Apoteker UHO angkatan VII bermitra dengan Puskesmas Poasia  melakukan sosialisasi terkait penggunaan obat kolestrol pada lansia," katanya pada Minggu (31/7/2022).

Khusnul Khatima berujar hal ini dilakukan mengingat prevalensi untuk hiperkolesterol di Indonesia masih tergolong tinggi yakni mencapai 35 persen.

Kata dia, rerata perempuan lebih mendominasi diserang penyakit ini yaitu dengan angka 39,6 persen jika dibandingkan laki-laki sebesar 30 persen.

"Ada beberapa faktor resiko penyebab yang dapat terkait dengan hiperkolesterol diantaranya kebiasaan merokok, hipertensi, serta diabetes," ungkapnya.

"Oleh karena itu pentingnya sosialisasi dan edukasi penggunaaan obat kolesterol pada masyarakat terutama lansia," sambungnya.

Sosialisasi dan edukasi ini dilakukan di Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari Provinsi Sultra pada Minggu (30/7/2022).

Baca juga: Fakultas Farmasi UHO Kerjasama dengan Universitas Asal Thailand, Ada Pertukaran Dosen & Mahasiswa

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved