Berita Kendari

Harga Sembako di Pasar Baruga Terpantau Stabil, Wali Kota Kendari Ingatkan Warga Tak Perlu Khawatir

Harga kebutuhan pokok di Pasar Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) terpantau masih relatif stabil.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Harga kebutuhan pokok di Pasar Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) terpantau masih relatif stabil. Hal itu disampaikan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir usai melakukan pemantauan ketersediaan dan harga bahan pokok di Pasar Baruga, Kamis (28/7/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Harga kebutuhan pokok di Pasar Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) terpantau masih relatif stabil.

Hal itu disampaikan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir usai melakukan pemantauan ketersediaan dan harga bahan pokok di Pasar Baruga, Kamis (28/7/2022).

Ia turun memantau bersama Kepala Kanwil IV Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar Hilman Pujana, didampingi Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM, Alda Kesutan Lapae.

Sulkarnain Kadir mengatakan kunjungan ini dalam rangka tugas pemerintah memastikan ketersediaan stok sembako dan harga kebutuhan pokok terjangkau yang ada di pasar tradisional.

"Iya, alhamdulillah hasil pengecekan kita hari ini semua relatif stabil," kata Sulkarnain Kadir saat ditemui di Pasar Baruga.

Baca juga: Harga Ikan dan Sayuran di Baubau Sulawesi Tenggara Kini Kembali Stabil usai Sempat Melonjak Naik

Ia juga berharap stabilnya harga ini bisa dipertahankan hingga akhir tahun 2022, termasuk ketersediaan sembako tetap aman.

Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersedian bahan pokok di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Selain itu, peninjauan dilakukan sekaligus memantau rehabilitasi atau perbaikan lapak pedagang daging dan ikan di Pasar Baruga, yang diharapkan sebelum akhir tahun lapak tersebut selesai pembenahannya.

"Mudah-mudahan sebelum akhir tahun 2022 dapat terselesaikan," ucap Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir.

Kepala Kanwil IV KPPU Makassar Hilman Pujana, mengaku berdasarkan hasil pemantauan harga sembako di pasar tradisional khususnya di Pasar Baruga relatif stabil.

Baca juga: Harga Cabai-cabaian di Kendari Sultra Masih Mahal, Bawang Merah Turun Rp65 Ribu per Kilogram

"Jadi dari kemarin setelah Idul Adha harga tetap stabil. Kami mengapresiasi Wali Kota Kendari atas koordinasi antar kepala daerah," jelasnya.

Menurutnya koordinasi tersebut sangat perlu dilakukan, mengingat di Kota Kendari hilirnya di Pasar Baruga.

Kata dia, harus memperbanyak jaringan dari penyangga untuk memastikan pasokan yang masuk ke Kota Kendari menjadi lancar dan bisa terjaga kontinuitasnya.

Di mana, beberapa komoditas tersebut berasal dari beberapa daerah penyangga seperti Kabupaten Muna, Konawe Selatan (Konsel), dan Konawe.

"Tidak masalah, yang terpenting masyarakat Kota Kendari bisa mengakses kebutuhan sembako dengan harga terjangkau," tegasnya.

Baca juga: Harga Sembako Pasar Kota Kendari Terbaru: Beras dan Minyak Goreng Stabil, Daging Ayam Turun

Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari, Alda Kesutan Lapae, berharap para pedagang pasar tradisional di Kota Kendari tetap menjaga ketersediaan stok barang utamanya sembako.

Selain itu, tetap mempertahankan harga sembako, sehingga masyarakat bisa menjangkau dan terpenuhi kebutuhannya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved