Berita Baubau

Cegah Peredaran Kosmetik Ilegal di Baubau Sulawesi Tenggara, Loka POM Sosialisasi kepada Pedagang

Loka Pengawasan Obat dan Makanan (Loka POM) Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan sosialisasi, pada Selasa (26/7/2022).

Istimewa
Loka Pengawasan Obat dan Makanan (Loka POM) Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan sosialisasi, pada Selasa (26/7/2022). Sosialisasi ini guna meningkatan kesadaran dan pemahaman pelaku usaha tentang kosmetik yang aman dan bermutu. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Loka Pengawasan Obat dan Makanan (Loka POM) Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan sosialisasi, pada Selasa (26/7/2022).

Sosialisasi ini guna meningkatan kesadaran dan pemahaman pelaku usaha tentang kosmetik yang aman dan bermutu.

Loka POM menyasar pedagang kosmetik untuk mendapatkan edukasi dan pembinaan lewat sosialisasi kosmetik aman bagi pedagang pasar yang berlangsung di Hotel Mira Baubau.

"Kegiatan kami ini bertujuan melindungi masyarakat dari risiko kesehatan akibat penggunaan kosmetik," ucap Kepala Loka POM Baubau melalui Bidang Infokom Sitti Sarpiati Alwi.

Selain itu, kegiatan ini memberikan pembinaan kepada pelaku usaha kosmetik khususnya pedagang pasar di Baubau, Sultra tentang cara memilih dan mengetahui produk kosmetik yang aman dan legal.

Baca juga: Tips Hindari Pinjaman Online Ilegal, OJK Sultra Imbau Masyarakat Jangan Mudah Tergiur Bunga Tinggi

Ia mengungkapkan, peredaran kosmetik ilegal masih marak diperjualbelikan di sejumlah pasar, sehingga pedagang pasar perlu mendapat pembinaan khusus agar tidak turut serta menjual kosmetik ilegal.

"Setiap penjual kosmetik harus tau keamanan dan status produknya ilegal atau tidak, jangan ada alasan lagi tidak tahu karena dari sisi hukum tidak ada alasan tidak tahu,” ujarnya.

Kata dia, secara nasional sejak tahun 2018 – 2021, kasus kejahatan kosmetik masih mendominasi dibandingkan dengan kategori obat dan makanan.

"Secara nasional ada 1.097 kasus terjadi pada tahun 2021 dengan proporsi 36,1 persen," ucap Sitti Sarpiati Alwi.

Ia mengatakan, masyarakat juga harus paham dan pandai dalam memilih kosmetik yang aman untuk kesehatan.

Baca juga: Bea Cukai Kendari Sita Rokok Ilegal di Konawe Sulawesi Tenggara, Selamatkan Rp4,7 Juta Uang Negara

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved