Berita Kendari

HMI Komisariat Teknik UHO Gelar Seminar, Bahas Soal Pembangunan Berkelanjutan Kota Kendari

HMI Komisariat Teknik Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari gelar seminar pada Senin (18/7/2022). pembicara Kabid Sosbud Bappeda Kendari

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
(Husni Husein/TribunnewsSultra.com)
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Teknik Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari gelar seminar pada Senin (18/7/2022). 

TRIBUNNWSSULTRA.COM, KENDARI- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Teknik Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari gelar seminar pada Senin (18/7/2022).

Seminar ini membahas soal pembangunan Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang berkelanjutan dikemas dalam penta helix collaboration.

Turut hadir sebagai pembicara Kabid Sosbud Bappeda Kendari, Haslita, Akademisi UHO Perikanan, Dr Muhammad Taswin Munier.

Ikut serta Ketua AJI Kendari, Rosniawati Fikri Tahir, perwakilan KNPI Sultra, dan perwakilan pelaku UMKM Kota Kendari.

Kabid Sosbud Bappeda Kendari, Haslita mengatakan saat ini pemkot Kendari terus berupaya memperbaiki fasilitas sarana dan prasarana utamanya pada retensi banjir.

Baca juga: Target Prodi Terakreditasi Nasional & Internasional, UHO Kendari Hadirkan Ketua LPPMP UNS Surakarta

"Pelibatan semua unsur termasuk dalam proses pembangunan pengelolaan sampah dan mengantisipasi banjir yang sering terjadi di Kota Kendari," katanya.

"Normalisasi kali agar penanganan sampah dikali tidak tercemar dan pembangunan Kolam Retensi yang dapat mengantisipasi terjadinya banjir," tambahnya.

Sementara itu, Akademisi UHO Perikanan, Dr Muhammad Taswin Munier mengungkapkan pemerintah pun kini harus lebih melibatkan akademisi dalam proyek pembangunan kota berkelanjutan.

"Bukan lagi sudah jalan proyeknya atau bahkan sudah selesai dan minta solusi, namun sejak awal akademisi dilibatkan agar terciptanya pembangunan berkelanjutan," tuturnya.

Ketua panitia, Sinta wati menuturkan seminar ini digaungkan karena peran pemuda dan mahasiswa ingin mengetahui kinerja pemerintah saat ini.

Baca juga: 57 Mahasiswa UHO Kendari Pelajari Cara Produksi Minyak Sawit di PT Utama Agrindo Mas Konawe

"Kita ingin tahu sejauh mana program pemerintah terkait SDG ini yang akan berakhir di tahun 2030," ucapnya.

Untuk itu ia berharap melalui seminar ini mahasiswa dapat mengawal jalannya program Sustainable Development Goals (SDG) Pemkota Kendari nantinya.

"Tidak putus sampai disini namun diadakannya kegiatan serupa untuk mengetahui lebih lanjut perkembangan terkait SDG di Kota Kendari," harapnya.

Diketahui, seminar ini berlangsung di Hotel Athaya Kendari dengan tema Bring into sustainable development goals to reality through pentahelix collaboration. (*)


(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved