Berita Wakatobi

Nikmati Kearifan Lokal Pulau Darawa Wakatobi, Belajar hingga Panen Rumput Laut Bersama Warga

earifan lokal di Pulau Darawa di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bisa menjadi daftar liburan 2022 ini.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Menikmati pesona kearifan lokal di Pulau Darawa di Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bisa mejadi daftar liburan 2022 ini 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI- Menikmati pesona kearifan lokal di Pulau Darawa di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bisa menjadi daftar liburan 2022 ini.

Bentangan pulau eksotis ini tepatnya berada di tenggara Pulau Kaledupa Kecamatan Kaledupa Selatan, sekitar 20 menit perjalanan menggunakan perahu tradisional.

Selain menikmati pesona alam berupa pasir putih memanjang, bawah laut yang cukup indah, pengunjung juga dapat belajar hingga panen budidaya rumput laut secara tradisional bersama warga lokal.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Kendari Sulawesi Tenggara yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran Idul Adha

Mayoritas penduduk asli pulau ini ialah orang Kaledupa dan rerata berprofesi sebagai nelayan sebagai mata pencarian utama.

Penduduk lokal yang ramah akan menemani dan mengajari Anda dengan sepenuh hati bila ingin belajar cara budidaya rumput laut hingga memanennya.

Meski tidak ada waktu tertentu untuk memanen rumput laut, namun setiap tiga bulan sekali usai bibit rumput laut ditanam bakal dipanen.

"Alhamdulillah, seru walau hanya dua hari tapi perjalanan ke pulau ini sangat berkesan dengan belajar cara bibit rumput laut sambil bercengkrama bersama warga setempat," kata David Herlansyah (26) pengunjung asal Kota Yogyakarta pada pada Minggu (17/7/2022).

Secara geografis dikenal dengan nama Desa Darawa berada di Pulau Lintea Tiwolu, di pulau ini umumnya tidak ditemukan penginapan dan sejenisnya.

Baca juga: Agrowisata California Tempat Wisata di Konawe Selatan Suguhkan Pemandangan Alam, Berkuda dan Memanah

Namun, pengunjung dapat tinggal bersama warga lokal yang menyediakan home stay dengan Rp100 ribu sekali nginap.

Tentu saja, bila ingin mengeksplor keindahan bawah laut di pulau-pulau kecil pengunjung pun diwajibkan membawa peralatan sendiri saat melakukan perjalanan.

Perjalan ditempuh ke pulau ini dapat diakses melalui Kota Baubau dan Kota Kendari sebagai pusat ibu kota Provinsi menggunakan kapal laut.

Perjalanan dimulai dari Kota Kendari ke Wangi-wangi menggunakan kapal laut di Pelabuhan Pangkalan Perahu Kendari dengan waktu keberangkatan tiap Senin, Selasa, Kamis,Jumat, Sabtu dan Minggu.

Sekitar 10 jam perjalan ditempuh dengan biaya Rp150 harga tiket dan kemudian dilanjutkan kembali ke Pulau Kaledupa sekira 20 menit menggunakan speedboat. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved