Berita Sulawesi Tenggara

Lanud Haluoleo dan BPOM Kendari Belajar Layanan Publik ke Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara

Lanud HLO dan BPOM Kendari mengunjungi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra).

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Lanud Haluoleo dan BPOM Kendari mengunjungi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra), pada Kamis (7/7/2022). Kunjungan dua lembaga ini untuk belajar dan saling bertukar pengalaman dalam memberikan pelayanan publik. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Lanud Haluoleo dan BPOM Kendari mengunjungi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra), pada Kamis (7/7/2022).

Kunjungan dua lembaga ini untuk belajar dan saling bertukar pengalaman dalam memberikan pelayanan publik.

Untuk diketahui, Kanwil Kemenkumham Sultra berhasil mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Predikat ini atas keberhasilan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dengan Pembangunan Zona Integritas yang telah diterapkan Kanwil Kemenkumham Sultra.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba, bersama jajaran menyambut baik kunjungan tersebut.

Baca juga: Staf Ahli Kemenkumham Cek Lapas dan Rutan yang Over Kapasitas di Sultra, Bakal Tambah Ruang Tahanan

Silvester menjelaskan pentingnya integritas, profesionalitas, dan loyalitas dalam pembangunan zona integritas menuju WBK dimulai dari security, cleaning service hingga pimpinan tinggi.

"Iya (jajaran pegawai) harus sama-sama KREK, yaitu tata nilai Kanwil Kemenkumham Sultra terdiri dari Komitmen, Responsif, Evaluatif, dan Komunikatif," ungkap Silvester.

Selain itu, kata Kakanwil Kemenkumham Sultra ini, pembangunan zona integritas juga harus bersinergi dan dilakukan dengan sepenuh hati.

Ia menjelaskan seluruh lapisan pegawai harus memiliki pemahaman yang sama dan melakukan peran masing-masing guna mengubah mindset dan culture set yang ada di kantor.

Kemudian, peningkatan sarana dan prasarana juga menjadi salah satu aspek penunjang dalam meningkatkan pelayanan publik.

Baca juga: Staf Ahli Kemenkumham Bidang Sosial Sebut Sarana dan Prasarana Kantor Imigrasi Kendari Sangat Baik

Silvester Sili Laba menegaskan betapa pentingnya hospitality dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat.

"Iya, atas nama jajaran Kanwil Kemenkumham Sultra sangat mengapresiasi setinggi-tingginya Komandan Lanud TNI AU Haluoleo, Kepala BPOM Kendari beserta rombongan yang datang berkunjung," ujarnya.

Komandan Lanud TNI AU Haluoleo, Kolonel Pnb Andy Ferdinand Picaulima, meminta untuk diberikan bimbingan tentang penyelenggaraan reformasi birokrasi, terutama dalam proses pemberian layanan.

"Saya sadari hospitality sangat penting dalam proses pemberian layanan publik," ujar Komandan Lanud TNI AU Haluoleo ini

"Hari ini saya ingin sekali belajar, bagaimana proses yang harus dilakukan dalam pencanganan reformasi birokrasi sehingga Lanud Haluoleo bisa mengikuti apa yang diarahkan pimpinan negeri ini,“ lanjutnya.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Sultra Sosialisasi Pemahaman Perseroan Perorangan dan Kekayaan Intelektual

Sementara, Kepala Balai POM Kendari, Yoseph Nahak Klau, menjelaskan saat ini BPOM Kendari sedang proses Pembangunan Zona Integritas menuju WBK.

Olehnya itu, pihaknya berniat untuk belajar pada Kanwil kemenkumham Sulawesi Tenggara yang telah berhasil meraih predikat WBK.

"Kami ingin belajar banyak, sehingga kami bisa lebih mulus meraih predikat WBK pada tahun 2023. Kami meminta tips dan trik, agar setelah pulang dari sini kami lebih pintar," tutur Yoseph. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved