Berita Sulawesi Tenggara

Perbaikan Kualitas Pemilu 2024 dan Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Sultra Gelar Rapat Koordinasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan rapat koordinasi dengan KPU kabupaten dan kota se-Sultra, pada Selasa (5/7/2022).

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan rapat koordinasi dengan KPU kabupaten dan kota se-Sultra, pada Selasa (5/7/2022). Kegiatan rapat koordinasi KPU Provinsi Sultra dengan kabupaten dan kota yang digelar di Claro Hotel Kendari menjamin komunikasi antara penyelenggara untuk tahapan Pemilu 2024. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan rapat koordinasi dengan KPU kabupaten dan kota se-Sultra, pada Selasa (5/7/2022).

Kegiatan rapat koordinasi KPU Provinsi Sultra dengan kabupaten dan kota yang digelar di Claro Hotel Kendari menjamin komunikasi antara penyelenggara untuk tahapan Pemilu 2024.

Hadir dalam rapat ini, Anggota KPU RI Koordinator Wilayah Sulawesi Tenggara, Parsadaan Harahap, Gubernur Sultra Ali Mazi, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Anggota KPU RI, Persadaan Harahap, mengatakan, rapat koordinasi ini merupakan lanjutan dari rakor tingkat nasional.

Menurutnya, KPU sebagai lembaga resmi tidak bisa menyelenggarakan Pemilu sendiri tanpa melibatkan pihak lainnya.

Baca juga: Cara Cek Data Pemilih Pemilu 2024 Lewat Aplikasi Lindungi Hakmu KPU, Silakan Download di Play Store

"Karena KPU tidak bisa bekerja sendiri dalam menyelenggarakan Pemilu, maka harus melibatkan pihak lain yang selama ini mendukung kerja Pemilu," kata dia, Selasa (5/7/2023).

Selain itu, Persadaan mengatakan melalui rakor ini, KPU di daerah bisa menjalankan tugas dengan baik dalam perbaikan kualitas Pemilu dan peningkatan partisipasi pemilih di Sulawesi Tenggara.

Menurut tingkat partisipasi peserta Pemilu di Sulawesi Tenggara cukup meningkat dari tahun 2014 hingga 2019.

Selain itu, agenda ini untuk sosialisasi tahapan yang akan dilakukan KPU jelang pendaftaran partai politik (parpol) dan rekapitulasi daftar pemilih.

Sementara itu, Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir, menambahkan, rapat koordinasi untuk menyatukan visi seluruh penyelenggara Pemilu dan Pilkada yang berkualitas.

Baca juga: Daftar Pemilih 10 Kecamatan yang Tercatat di KPU Kendari Sulawesi Tenggara

"Kemudian, agenda ini untuk memberikan informasi tentang kebijakan penyelenggaraan Pemilu dari KPU RI, " tutur Abdul Natsir. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved