Berita Kendari

Daftar Tarif Listrik di Sulawesi Tenggara Naik Rp100 Ribu, Pelanggan dengan Daya 3.500 VA

Daftar tarif listrik naik sekira Rp100 ribu bagi pelanggan dengan daya 3.500 Volt Ampere (VA) di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Muhammad Israjab
(Muh Ridwan Kadir/TribunnewsSultra.com)
Manager PLN UP3 Kendari, Albert Safaria saat memberikan Sosialisasi Penyesuaian Tarif Listrik Kepada Golongan Masyarakat Mampu di Sulawesi Tenggara 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI -  Berikut daftar tarif listrik naik sekira Rp100 ribu bagi pelanggan dengan daya 3.500 Volt Ampere (VA) di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal itu disampaikan langsung Manager PLN UP3 Kendari, Albert Safaria saat memberikan Sosialisasi Penyesuaian Tarif Listrik Kepada Golongan Masyarakat Mampu.

Sosialisasi penyesuaian tarif listrik tersebut bertempat di Swiss Belhotel Kendari, Kota Kendari, Provinsi Sultra, Selasa (5/7/2022).

Manager PLN UP3 Kendari, Albert Safaria mengatakan kenaikan tarif listrik tersebut khusus bagi golongan masyarakat mampu dan juga golongan pemerintah.

Baca juga: Tarif Listrik Pelanggan 1.300 VA dan 2.200 VA Tidak Ikut Naik, Golongan Apa Saja yang Naik 1 Juli?

Kenaikan tersebut sesuai dengan Penerapan Tarif Adjusment (TA) berdasarkan Permen ESDM no 28 Tahun 2018 dan diperbaharui Permen no 3 Tahun 2020.

"Pelaksanaan tarif adjustment dilakukan setiap 3 bulan apabila terjadi perubahan, baik peningkatan maupun penurunan,"ungkap Albert, Selasa (5/7/2022).

Lebih lanjut, tarif adjusment tersebut dengan melihat faktor yang bersifat uncontrollable (seperti kurs, inflasi, Indonesian Crude Price, dan harga batubara).

Kemudian dalam penentuan tarif tersebut tentunya menggunakan data rata-rata pada bulan kelima, keempat, dan ketiga, tarif tersebut ditetapkan oleh Direksi PT PLN (Persero) setelah mendapatkan persetujuan dari Menteri.

"PT PLN juga wajib mengumumkan pelaksanaan tarif adjustment kepada konsumen sebelum pelaksanaan tarif diberlakukan,"katanya.

Albert juga menjelaskan terkait dengan perubahan rekening pada penerapan tarif adjusment di Triwulan III Tahun 2022 ini.

Baca juga: Begini Nasib Pelanggan PLN 450 VA 900 VA hingga Pemilik Usaha UMKM Jika Tarif Listrik Naik 1 Juli

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved