Breaking News:

Berita Kendari

Halal Center di Kendari Resmi di Launching, Permudah Sertifikasi Halal Produk UMKM Sultra

Selain peluncuran Halal Center ada juga pelatihan pendampingan proses produk halal berlangsung di Hotel Plaza Inn Kendari, Rabu (29/06/2022).

Penulis: Mukhtar Kamal | Editor: Muhammad Israjab
(Husni Husein/TribunnewsSultra.com)
Peluncuran Halal Center, dalam giat ini juga turut dilakukan pelatihan pendampingan proses produk halal yang dilaksanakan Hotel Plaza Inn Kendari pada Rabu (29/06/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) meluncurkan Halal Center (HC).

Selain peluncuran Halal Center, ada juga pelatihan pendampingan proses produk halal berlangsung di Hotel Plaza Inn Kendari, Rabu (29/06/2022).

Ketua Panitia, Anwar Said mengatakan pendirian Halal Center sebagai langkah serius mendukung visi pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal dunia.

Sehingga UM Kendari ambil bagian peluncuran Halal Center, demi mendukung upaya tersebut melalui institusi pendidikan.

Baca juga: Gedung Rektorat 7 Lantai Dibangun Universitas Muhammadiyah Kendari, Rampung Kurun Waktu 2 Tahun

Terlebih akan sejalan meningkatkan pemahaman dan proses sertifikasi halal produk usaha di Sulawesi Tenggara

"UM Kendari bekerjasama dengan Bank Indonesia, Badan penyelenggara jaminan produk halal RI, Satgas Halal Kemenag Sultra, Forum UMKM Kab Kolaka Timur, dan Block Smart Kendariz" katanya.

"Ini tentang pedoman pelatihan pendamping PPH yang terdiri dari tujuh materi dan satu kegiatan pre test & post test yang telah kami laporkan sebelumnya kepada BPJPH RI terkait pelaksaan kegiatan pelatihan pendamping PPH tersebut," lanjtutnya.

Hingga Selasa (28/6/2022) jumlah pelaku usaha mikro dan kecil yang telah terverifikasi dan validasi halal berjumlah 43 UKM.

Baca juga: Kekurangan Dokter di Sultra, Universitas Muhammadiyah Kendari Siap Buka Fakultas Kedokteran

Untuk daftar antrian masih sebanyak 163 UKM.

Launching ini dihadiri langsung Dr A Umar selaku Kepala Pembinaan dan pengawasan Produk Halal Kementerian Agama RI, dan Rektor UM Kendari Amir Mahmud.

Ikut serta, Kepala LP3M Sekaligus Kepala Halal Center UMKendari, Herdianto Husein, Kepala LP3M Sekaligus Kepala Halal Center UM Kendari.

Melalui Platform aplikasi Zoom meeting, juga turut hadir Deputi kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sultra, Aryo Wibowo T Praseptio dan Wakil Rektor II UM Kendari Dr Hj Hartati.

Diketahui pula, kegiatan ini berlangsung sejak 28 Juni hingga 1 Juli 2022 mendatang.

Sederet pemateri yang berkompeten dalam hal ink pun bakal jadi pembicara dan di ikuti 50 peserta dari berbagai Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tenggara. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved