Berita Sulawesi Tenggara

Cegah Kekayaan Historis Kesultanan Buton Dicaplok, Kemenkumham Sultra Teken MoU dengan Pemkot Baubau

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra) kerja sama Pemerintah Kota Baubau.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra) kerja sama Pemerintah Kota Baubau. Kerja sama tersebut ditandai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Layanan Hukum dan HAM. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Kota Baubau, Provinsi Sultra, pada Selasa (28/6/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra) kerja sama Pemerintah Kota Baubau.

Kerja sama tersebut ditandai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Layanan Hukum dan HAM.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Kota Baubau, Provinsi Sultra, pada Selasa (28/6/2022).

Kanwil Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba, mengatakan, MoU Layanan Hukum tersebut untuk edukasi pencegahan dan perlindungan kekayaan intelektual komunal.

Silvester menjelaskan Kota Baubau dan wilayah lain bagian dari Kesultanan Buton, memiliki kekayaan intelektual komunal yang banyak.

Baca juga: Harga Sapi Kurban Presiden Jokowi, Berat Satu Ton, Pemotongan di Pasarwajo Buton Sulawesi Tenggara

Olehnya itu, kata dia, pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat Kota Baubau untuk melindungi kekayaan intelektual tersebut dari pengakuan pihak luar.

"Mengingat warisan historis Kesultanan Buton yang demikian panjang, tentu saja masih banyak ragam kekayaan intelektual komunal milik masyarakat Kota Baubau, Buton, Buton Tengah, dan Buton Selatan belum diajukan permohonan pencatatannya," ujarnya.

Kanwil Kemenkumham menjelaskan, dengan beragam kekayaan historis Kesultanan Buton di Baubau, maka pihaknya akan melakukan pencatatan untuk melindungi klaim dari pihak luar.

"Harapannya Pemerintah Kota Baubau terus melakukan pendataan dan menyampaikan kepada kami untuk dicatatkan ke Pusat Data Kekayaan Intelektual Komunal," kata Silvester.

Sementara itu, Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse menyambut baik dukungan dan kerja sama dari Kanwil Kemenkumham Sultra serta berjanji akan segera menindaklanjuti MoU tersebut.

Baca juga: Kemenkumham Sultra Latih Warga Binaan Lapas Kelas II A Kendari Keterampilan Pertukangan dan Bengkel

"Saya menyambut baik tawaran kerja sama ini untuk diformalkan dalam bentuk nota kesepahaman," kata La Ode Ahmad Monianse

"Bahkan setelah ini, kami minta kepada organisasi perangkat daerah terkait untuk menindaklanjuti nota kesepahaman ini dalam bentuk tindakan nyata," tegasnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved