Berita Kendari

Kekurangan Dokter di Sultra, Universitas Muhammadiyah Kendari Siap Buka Fakultas Kedokteran

Amir Mahmud mengatakan rencana pendirian Fakultas Kedokteran ini dorongan dari Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Kedokteran Indonesia wilayah VI.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Rencana pendirian Fakultas Kedokteran di Universitas Muhammadiya Kendari dorongan Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Kedokteran Indonesia wilayah VI. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI- Universitas Muhammadiyah Kendari atau biasa disingkat UM Kendari bakal mendirikan Fakultas Kedokteran.

Rektor UM Kendari, Amir Mahmud mengatakan rencana pendirian Fakultas Kedokteran ini dorongan dari Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Kedokteran Indonesia wilayah VI.

Kata Amir Mahmud, penunjukan ini bukan tanpa alasan, melainkan karena tenaga kesehatan utamanya dibidang tenaga kedokteran yang masih kurang di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Baca juga: Ada Laboratorium di Metavers, Bahan Pembelajaran Mahasiswa UMK Kendari Sebelum Praktek Lapangan

"Kami ditunjuk Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk mendirikan Fakultas Kedokteran di wilayah timur Indonesia," kata Amir Mahmud.

"Alasan itu lah kami diberi amanah IT Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Kedokteran Indonesia wilayah VI untuk bersiap mendirikan Fakultas Kedokteran," jelasnya.

Selain itu, Amir Mahmud mengungkapkan inisiasi pendirian Fakuktas Kedokteran ini juga datang dari dorongan masyarakat dan pemerintah Kota Kendari, Sultra.

"Pesan dari masyarakat bahkan dari pemerintah untuk mendirikan Fakultas Kedokteran," ungkapnya.

Terlebih, Pemkot Kendari pun sangat mensupport dalam rencana pendirian Fakultas Kedokteran di UM Kendari.

"Terlihat dari peran pemkot menyiapkan Rumah Sakit Umum Daerah Abunawas untuk digunakan sebagai laboratorium pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari," terangnya.

Untuk itu, guna menindaklanjuti amanah tersebut, Amir Mahmud menuturkan kini UM Kendari telah melakukan MoU bersama Universitas Halu Oleo (UHO).

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Kendari Resmi Buka Program Studi Magister Manajemen

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved