Berita Sulawesi Tenggara

Tujuh Entitas Investasi dan 100 Pinjol Ilegal Dihentikan, OJK Sultra Imbau Masyarakat Lebih Waspada

OJK Sulawesi Tenggara (Sultra) meminta masyarakat agar selalu berhati-hati dalam memilih penawaran investasi dan menggunakan pinjaman online.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Muhammad Israjab
(Muh Ridwan Kadir/TribunnewsSultra.com)
Kepala Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Sultra, Maulana Yusuf 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Satgas Waspada Investasi (SWI) kembali menemukan tujuh entitas investasi tanpa izin dan 100 pinjaman online ilegal per April 2022.

Atas temuan tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) meminta masyarakat agar selalu berhati-hati dalam memilih penawaran investasi dan menggunakan pinjaman online.

Pada akhir April 2022, Satgas Waspada Investasi kembali menghentikan 7 entitas yang melakukan penawaran investasi tanpa izin.

Kepala Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Sultra, Maulana Yusuf mengatakan penghentian tersebut diantaranya 2 entitas melakukan money game.

Baca juga: Otoritas Jasa Keuangan Terus Dorong Perlindungan Konsumen dengan Menerbitkan POJK Baru 2022

"Satu entitas melakukan penjualan langsung tanpa izin, dua entitas melakukan kegiatan forex dan robot trading tanpa izin, satu entitas melakukan kegiatan perdagangan asset kripto tanpa izin, dan satu entitas lain-lain,"ungkapnya, Rabu (22/6/2022).

Katanya, penanganan terhadap investasi ilegal dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh anggota Satgas Waspada Investasi dari 12 Kementerian/Lembaga.

Satgas Waspada Investasi bukan aparat penegak hukum sehingga tidak dapat melakukan proses hukum.

"Selain menghentikan dan mengumumkan kepada masyarakat, Satgas Waspada Investasi juga melakukan pemblokiran terhadap situs/website/aplikasi dan menyampaikan laporan informasi ke Bareskrim Polri,"katanya.

Menanggapi beberapa informasi yang beredar di masyarakat, Satgas Waspada Investasi tidak pernah melarang penarikan dana dari para korban investasi bodong.

Baca juga: Otoritas Jasa Keuangan Terbitkan 2 POJK Perbankan, Dorong Penguatan Perkreditan dan Cegah Fraud

Setiap entitas yang dihentikan kegiatannya oleh Satgas Waspada Investasi diperintahkan untuk mengembalikan kerugian masyarakat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved