Berita Sulawesi Tenggara

Haerul Saleh Kini Jadi Anggota BPK RI, DPR Lantik Bahtra Banong PAW Fraksi Gerindra Dapil Sultra

Haerul Saleh resmi mengundurkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Haerul Saleh resmi mengundurkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Untuk menggantikan posisi Haerul Saleh, DPR RI melantik Bahtra Banong sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) Fraksi Gerindra Dapil Sulawesi Tenggara (Sultra). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Haerul Saleh resmi mengundurkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Pengunduran diri pria kelahiran Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggata (Sultra) ini lantaran dirinya sudah menjadi anggota Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) periode 2022-2027.

Untuk menggantikan posisi Haerul Saleh, DPR RI melantik Bahtra Banong sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) Fraksi Gerindra Dapil Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sebelumnya, Bahtra Banong merupakan calon anggota DPR Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra) Pileg 2019.

Agenda pelantikan Bahtra sebagai anggota DPR RI digelar dalam Rapat Paripurna bersama tiga anggota PAW lainnya di Ruang Rapat Paripurna DPR RI, Senayan Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Bahtra Resmi Dilantik Ganti Haerul Saleh sebagai Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Sulawesi Tenggara

Mereka yang dilantik yaitu adalah Difriadi menggantikan Muhammad Nur dari Fraksi Partai Gerindra Dapil Kalimantan Selatan II.

Riswan Tony DK menggantikan Aziz Syamsuddin dari Fraksi Partai Golkar Dapil Lampung II serta Ravindra Airlangga menggantikan M Ichsan Firdaus dari Fraksi Partai Golkar Dapil Jawa Barat V.

Acara pengambil sumpah dan pengucapan janji empat anggota PAW DPR Ri ini, diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 62/P Tahun 2022 Tanggal 7 Juni 2022.

Keputusan tersebut tentang peresmian pergantian antar waktu anggota DPR dan anggota MPR sisa masa jabatan tahun 2019-2024.

Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah menurut agama Islam yang dipimpin Ketua DPR RI, Puan Maharani didampingi Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel dan Lodewijk F. Paulus.

Bahtra (foto kanan) resmi dilantik sebagai anggota DPR RI Fraksi Gerindra Daerah Pemilihan Sulawesi Tenggara atau Dapil Sultra menggantikan Haerul Saleh (foto kiri) yang sebelumnya menjadi anggota BPK RI. Pelantikan anggota DPR RI pengganti antar waktu (PAW) tersebut berlangsung pada Selasa (14/06/2022).
Bahtra (foto kanan) resmi dilantik sebagai anggota DPR RI Fraksi Gerindra Daerah Pemilihan Sulawesi Tenggara atau Dapil Sultra menggantikan Haerul Saleh (foto kiri) yang sebelumnya menjadi anggota BPK RI. Pelantikan anggota DPR RI pengganti antar waktu (PAW) tersebut berlangsung pada Selasa (14/06/2022). (kolase foto (handover))

"Saya patut ingatkan sumpah yang akan saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD RI 1945," ujarnya.

"Sumpah ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran, saya harap saudara ikuti lafal sumpah yang akan saya pandu," tambahnya.

Puan Maharani mengucapkan selamat, yang disusul dengan harapan pimpinan DPR RI terhadap anggota DPR RI yang baru saja dilantik.

Pimpinan DPR RI berharap agar anggota DPR RI yang baru saja dilantik agar tetap amanah dan dapat semakin memperkuat tugas konstitusi DPR.

Untuk calon PAW diambil dari Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPR dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama yang menduduki peringkat suara terbanyak berikutnya.

Baca juga: Tahapan Pemilu 2024 Resmi Dimulai, KPU Kota Kendari Verifikasi Data Pemilih dan Parpol

Berdasarkan hasil perolehan suara pemilu 2019, Bahtra Banong mendapat perolehan suara terbanyak ketiga setelah Haerul Saleh.

Di mana sebelumnya, Haerul Saleh merupakan anggota DPR RI PAW menggantikan Imran yang meninggal dunia pada Maret 2020 lalu.

Bahtra Banong memperoleh suara sebanyak 13.642 suara sah pada Pemilu 2019 lalu. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved