Berita Kendari

Dosen UM Kendari dan UHO Buat Rumah Ikan hingga Latih Nelayan Suku Bajo di Konawe Selatan Sultra

Sejumlah dosen Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari dan Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Program Kemitraan Wilayah (PKW).

Penulis: Husni Husein | Editor: Aqsa
handover
Dosen Universitas Muhammadiyah Kendari dan Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Program Kemitraan Wilayah (PKW). Program ini dilakukan di pemukiman nelayan Suku Bajo, Desa Torekeku, Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Sejumlah dosen Universitas Muhammadiyah Kendari dan Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Program Kemitraan Wilayah (PKW).

Program ini dilakukan di pemukiman nelayan Suku Bajo, Desa Torekeku, Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan bermitra Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Konsel ini berlangsung selama dua hari, pada Sabtu-Minggu (11-12/06/2022).

Dalam PKW Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) Berbasis Eco Blue Sea tersebut, dosen UM Kendari dan dosen UHO Kendari menggelar serangkaian program.

Program dan kegiatan tersebut di antaranya pembuatan rumah ikan berbasis kearifan lokal suku Bajo.

Baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru, Ini Daftar Biaya SPP di Universitas Muhammadiyah Kendari Tahun 2022

Pengenalan dunia selam ilmiah yang lebih aman dan pelatihan penggunaan alat selam yang baik dan benar.

Pelatihan penyelaman ilmiah bagi remaja suku Bajo serta penurunan rumah ikan ke dasar laut di Perairan Tinanggea sedalam 30 meter.

Dosen UM Kendari dalam tim PKW ini yakni Dr Fajriah SPi MSi, Iin Nurdiyanti Nurdin STp MSc, Sri Fatma Sari SPi MSi, dan Suwarjoyo Wirayatno SPi MSi sebagai tenaga ahli sekaligus instruktur selam.

Selain itu, Suwarjoyo Wirayatno SPi MSi yang merupakan dosen UHO Kendari.

Dr Fajriah SPi Msi dalam keterangan tertulisnya pada Minggu (12/06/2022), mengatakan, pihaknya juga akan menindaklanjuti program yang sudah digelar tersebut.

Dosen Universitas Muhammadiyah Kendari dan Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Program Kemitraan Wilayah (PKW). Program ini dilakukan di pemukiman nelayan Suku Bajo, Desa Torekeku, Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra).
Dosen Universitas Muhammadiyah Kendari dan Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Program Kemitraan Wilayah (PKW). Program ini dilakukan di pemukiman nelayan Suku Bajo, Desa Torekeku, Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra). (handover)
Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved