Berita Konawe

Bawaslu Konawe Luncurkan Meja Bantuan Pemantau Pemilu 2024, Buka Pendaftaran Mulai 14 Juni 2022

Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Kabupaten Konawe meluncurkan meja bantuan untuk pemantau Pemilu 2024, pada Jumat (10/6/2022).

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Arman Tosepu
Komisioner Bawaslu Konawe, Sabda (kiri) dan Indra Eka Putra (kanan) 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE - Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Kabupaten Konawe meluncurkan meja bantuan untuk pemantau Pemilu 2024, pada Jumat (10/6/2022).

Komisioner Bawaslu Konawe, Indra Eka Putra mengatakan, peluncuran program meja bantuan ini dalam rangka mengefektifkan keterlibatan lembaga pemantau Pemilu.

"Jadi pengalaman kita pada tahun 2019, pemantau Pemilu yang terlibat itu agak kurang," kata Indra Eka Putra.

Ia menambahkan, pihaknya menduga minimnya partisipasi lembaga pemantau Pemilu pada saat itu karena kurangnya syarat pendaftaran atau verifikasi dan registrasi Bawaslu agak rumit.

Sehingga, kata dia, Bawaslu mengambil langkah sebelum memasuki tahapan, ikut membantu lembaga pemantau untuk mendaftarkan diri.

Baca juga: Bawaslu Sultra Gandeng Media Massa untuk Pengawasan Pemilihan Umum Jelang Tahapan Pemilu 2024

"Makanya kita buka meja bantuan pemantau Pemilu," tambahnya.

Indra menjelaskan, lembaga pemantau Pemilu bisa mendaftarkan diri sebagai pemantau resmi sejak memasuki tahapan Pemilu pada 14 Juni 2022.

Dalam program meja bantuan pemantau Pemilu ini juga, kata Indra, dapat menjadi sumber informasi terkait item apa saja yang perlu disiapkan para pemantau Pemilu untuk mendaftarkan diri.

"Nanti di sini bisa kita siapkan formulirnya sesuai dengan Peraturan Bawaslu Nomor 4 atau misalnya ada hal-hal yang kurang jelas," ujarnya.

"Kalau dulu kita biarkan pemantau sendiri, sekarang Bawaslu ikut aktif agar pemantau bisa lebih mudah registrasi," pungkasnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Arman Tosepu)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved