Berita Kendari

500 Mahasiswa Tingkat Akhir UHO Kendari Sultra Ikuti Pelatihan Pengembangan Softskills

Mahasiswa tingkat akhir Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ikuti pelatihan pengembangan softskills.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
(Husni Husein/TribunnewsSultra.com)
Sebanyak 500 mahasiswa tingkat akhir Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ikuti pelatihan pengembangan softskills 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Sebanyak 500 mahasiswa tingkat akhir Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ikuti pelatihan pengembangan softskills.

Pelatihannya secara hybrid diikuti sebanyak 120 di Hotel CLARO Kendari Sultra dan lebih dari 300 lainnya diikuti melalui virtual pada Selasa (7/6/2022).

Rektor UHO Kendari, Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu mengatakan mahasiswa harus sering mengikuti kegiatan pelatihan pengembangan keterampilan selain pendidikan di kampus.

"Mahasiswa itu tidak hanya memiliki ilmu di bidang masing-masing tapi kemampuan tambahan agar mahasiswa itu tidak terorientasi menjadi PNS," katanya.

Baca juga: UKM Kewirausahaan UHO Kukuhkan 25 Mahasiswa Calon Pengurus Baru Masa Bakti 2022/2023

Lebih lanjut kata rektor, pelatihan serupa yang diikuti mahasiswa harus menggunakan otak kiri, berbeda halnya dengan pendidikan dan lain.

Ketua Pusat Karir UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) UHO, Dr Yusna Indarsyih menerangkan mahasiswa dari pelatihan ini dipilih masing-masing program studi.

Ia juga menambahkan, melihat antusiasme peserta pelatihan rupanya tidak sedikit dosen ikut bergabung dalam pelatihan tersebut.

"Tapi memang kita prioritaskan mahasiswa tingkat akhir, masing-masing dua pada program studi agar mencakup semua yang mendaftar pada tiap fakultas," jelasnya.

Sebagai informasi, mahasiswa ini dibekali dengan pelatihan publik speaking dari salah seorang dosen FEB Universitas Trisakti serta pengetahuan psikologi dari Akademisi Psikologi UHO Kendari.

Baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru, Ini Daftar Biaya SPP di Universitas Muhammadiyah Kendari Tahun 2022

"Jadi giat ini merupakan salah satu program kerja dari PK2M UHO untuk memberikan bekal pengalaman praktis kepada mahasiswa baik dari sisi pengetahuan dan motivasi dan sikap," ungkapnya.

Dr Yusna Indarsyih berujar dengan adanya pelatihan ini mahasiswa tidak hanya mendapatkan sisi akademik di kampus, melainkan persiapan bekal usai lulus dari universitas.

Mahasiswa, Shamud mengatakan dengan adanya pelatihan pengembangan soft skill ini dapat membuka wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana menjadi sosok pengusaha.

"Beruntung dan rasa sukur dapat mengikuti pelatihan ini karena wawasan saya dapat terbuka menjadi pengusaha itu mempunyai mental dan karakter yang dilandasi dengan leadership dan sopan santun," ungkapnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved