Berita Kendari

Harga Kebutuhan Pokok di Kendari Merangkak Naik, Cabai Rawit Tembus Rp60 per Kg, Telur, Bawang Merah

Berikut harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) merangkak naik. 

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Harga Kebutuhan Pokok di Kendari Merangkak Naik, Cabai Rawit Tembus Rp60 pe Kg, Telur, Bawang Merah 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Berikut harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) merangkak naik. 

Salah seorang pedagang di Pasar Anduonohu, Jumarni (38) mengatakan kenaikan tersebut sudah terjadi jelang Lebaran Idulfitri 2022 lalu.

Kata, dia kenaikan harga tersebut dipengaruhi ketersediaan stok kebutuhan pokok kian menipis di Kendari, Provinsi Sultra.

"Beberapa kebutuhan pokok yang naik seperti bawang merah, cabai rawit, cabai besar, cabai hijau, telur dan tepung terigu," ucapnya, Jumat (3/6/2022).

Untuk bawang merah saat ini dibanderol Rp40 ribu - Rp45 ribu per kilogram, sebelumnya Rp30 ribu, cabai hijau per kilogram Rp45 ribu dari Rp40 ribu.

Baca juga: Perbandingan Harga Sembako di Pasar Mandonga dan Pasar Kota Kendari: Beras hingga Minyak Goreng

Kemudian, cabai merah besar per kilogram dari Rp30 ribu menjadi Rp50 ribu, cabai rawit per kilogram Rp60 ribu dari Rp25 ribu.

"Selain cabai, telur ayam satu rak naik dari Rp52 ribu menjadi Rp60 ribu, tepung terigu dari harga Rp8 ribu menjadi Rp10 ribu - Rp15 ribu per kilogram," tuturnya.

Jumarni berharap ke depannya ketersediaan kebutuhan pokok ini cukup sehingga harga tidak melambung tinggi.

Di tempat yang sama pedagang lainnya Tia (70) mengatakan semua sembako melonjak naik sejak Lebaran Idulfitri 2022.

Katanya, kebutuhan pokok yang naik antara lain bawang merah Rp45 ribu dari sebelumnya Rp38 ribu, telur ayam dari Rp50 ribu menjadi Rp55 ribu, terigu dari Rp9 ribu naik Rp12 ribu.

Baca juga: Inflasi Sultra 1,22 Persen Mei 2022, Disebabkan Naiknya Indeks Harga Makanan, Minuman, Transportasi

"Kemudian cabai rawit dari Rp40 ribu menjadi Rp60 ribu, cabai merah besar dari Rp50 ribu melonjak Rp60 ribu, dan cabai ijo dari harga Rp40 ribu menjadi Rp50 ribu," jelasnya.

Seorang pedagang di Pasar Sentral Kota Lama, Nida (30) mengatakan hal yang sama yakni terdapat beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga.

Ia menyebut bawang merah dari harga Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu, gula merah pun turut mengalami kenaikan yakni dari Rp18 ribu menjadi Rp22 ribu, tepung terigu dari Rp11 ribu menjadi Rp13 ribu.

"Kemudian ada juga cabai rawit dari Rp40 ribu naik Rp55 ribu, cabai hijau dari Rp35 ribu menjadi Rp45 ribu, dan cabai besar dari Rp35 ribu menjadi Rp48 ribu - Rp50 ribu," ujarnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved