Berita Wakatobi

Presiden Bakal Resmikan Pelabuhan Ferry di Wakatobi, Bupati Haliana Sebut Mudahkan Mobilitas Warga

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal mengunjungi Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam rangka menghadiri GTRA Summit Wakatobi 2022.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Bupati Wakatobi Haliana 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal mengunjungi Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam rangka menghadiri GTRA Summit Wakatobi 2022.

Dalam agenda ini, Presiden Jokowi akan menyerahkan sertifikat tanah kepada 500 kepala keluarga masyarakat Bajo di Wakatobi, Sultra.

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga akan meresmikan Pelabuhan Ferry di Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bupati Waktobi Haliana mengatakan, peresmian Pelabuhan Ferry merupakan agenda tambahan yang dipersipkan Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan sejumlah persiapan guna peresmian tersebut mulai dari pengamanan lokasi hingga jalur yang akan dilalui.

Baca juga: Bupati Haliana Sebut 600 Ribu Jiwa di Bajo Wakatobi Dapat Sertifikat Tanah, Diserahkan Oleh Jokowi

"Semua kami persiapkan, tapi untuk teknis pengamanan ada dalam tanggung jawab Protokoler Istana. Kami hanya menyiapkan lokasi yang akan dikunjungi Presiden Jokowi," ucapnya, Selasa (31/5/2022).

Haliana mengatakan, dengan adanya pelabuhan yang akan diresmikan Presiden Jokowi, diharapkan bisa menjadi transportasi laut yang menghubungkan antarpulau di Wakatobi.

"Karena wilayah kita terdiri dari pulau-pulau maka untuk memastikan konektivitas kami menyediakan Pelabuhan Ferry ini," ujarnya.

Bupati Wakatobi ini mengatakan, dengan adanya tranportasi yang memadai, mobilitas masyarakat lebih efektif dan lancar.

Lantaran, selama ini masyarakat yang mobilisasi antarpulau menggunakan angkutan rakyat atau kapal berukuran kecil dan terbatas.

Baca juga: Presiden Jokowi Bakal Hadiri GTRA Summit Wakatobi 2022, Progres Persiapan Pemprov Sulawesi Tenggara

Kata orang nomor satu di Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko tersebut, pengoperasian kapal feri ini akan dilakukan setiap hari.

"Sehingga dengan adanya kapal feri, maka mobilisasi masyarakat dengan angkutan laut bisa lebih cepat dan relatif aman," ujar Haliana.

Selain itu, dalam kunjungan Presiden Jokowi di Wakatobi juga akan membawa rombongan enam menteri.

Sementara akomodasi enam menteri yang dipastikan hadir, akan dipersiapkan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Sultra yang ditunjuk. (*)

(Tribunnewssultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved