BKKBN Sultra

Kendari, Konawe dan Kolaka Bersaing Wakili Sulawesi Tenggara Lomba Kampung KB Nasional

Sebanyak tiga daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal bersaing mewakili Sultra pada lomba Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Nasional.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Tim Verifikasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat melakukan verifikasi penilaian lapangan, bersama dengan Tim Penilai BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kantor Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Selasa (31/5/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Sebanyak tiga daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal bersaing mewakili Sultra pada lomba Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Nasional.

Ketiga daerah tersebut yaitu Kota Kendari, Kabupaten Konawe, dan Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Tim Verifikasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat melakukan verifikasi penilaian lapangan, bersama dengan Tim Verifikasi atau Tim Penilai BKKBN Provinsi Sultra.

Kali ini penilaian dan verifikasi dilakukan di salah satu lokus Kampung KB terpilih Kota Kendari di wilayah Nanga-Nanga, Kantor Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Selasa (31/5/2022).

Kegiatan penilaian ini dalam rangka pelaksanaan penguatan Kampung KB untuk menentukan Kampung KB terbaik tingkat Provinsi Sultra.

Baca juga: 400 Kampung KB di Sulawesi Tenggara, BKKBN Sultra Gelar Pelatihan

Ketua Tim Penilai Verifikasi Kampung KB Tingkat Nasional, Ade Anwar mengatakan penilaian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas keluarga dan masyarakat yang ada di Kampung KB.

Tujuannya untuk memilih atau melihat pelaksanaan Kampung KB sejauh mana yang dicanangkan itu diharapkan agar terintegrasi antarlintas sektor.

"Salah satunya melalui rumah data yang ada di Mokoau ini yang bagian dari Kampung KB. Ini bagus sekali karena ada satu data yang dinamakan dengan satu data Mokoau," ujarnya usai penilaian.

Kata dia, penilaian ini sebenarnya masih dalam rana tingkat provinsi, tetapi pihaknya juga tetap ingin melihat dan turun memverifikasi sejauh mana pengelolaan Kampung KB ini.

"Dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional ke-29 ini, kami akan memilih Kampung KB terbaik pengelolaan dari yang masuk nominasi salah satunya Mokoau untuk level Sultra," ucapnya.

Baca juga: BKKBN Sulawesi Tenggara dan Ikatan Bidan Indonesia Gelar Pelayanan Keluarga Berencana

Selanjutnya, pihaknya juga akan memilih lagi tiga daerah terbaik di Sulawesi Tenggara untuk mewakili tingkat nasional.

"Apakah Mokoau ini masuk di tingkat nasional karena mulai dari Sabang sampai Merauke," jelas Ade Anwar.

Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Provinsi Sultra Dr H Mustakim, menyampaikan penilain ini dilakukan terhadap daerah yang berani berkompetisi dengan mengirimkan profil Kampung KB di daerah masing-masing.

Kata dia, untuk di Sultra dari 17 kabupaten kota yang ada, hanya ada 13 kabupaten kota yang mengirimkan profil Kampung KB.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved