Berita Kolaka

6 Wanita Sindikat Penipuan dan Penggelapan Mobil Rental Ditangkap Polisi di Kolaka Sulawesi Tenggara

Sebanyak enam wanita pelaku sindikat penipuan dan penggelapan mobil rental ditangkap Kepolisian Resor atau Polres Kolaka, Jumat (27/5/2022).

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Sebanyak enam wanita pelaku sindikat penipuan dan penggelapan mobil rental ditangkap Kepolisian Resor atau Polres Kolaka, Jumat (27/5/2022). Keenam pelaku yakni PU (37), RSR (32), DA (38), NU (40), SA (38) dan RIS (35) ditangkap setelah menggelapkan belasan mobil rental. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KOLAKA - Sebanyak enam wanita pelaku sindikat penipuan dan penggelapan mobil rental ditangkap Kepolisian Resor atau Polres Kolaka, Jumat (27/5/2022).

Keenam pelaku yakni PU (37), RSR (32), DA (38), NU (40), SA (38) dan RIS (35) ditangkap setelah menggelapkan belasan mobil rental.

Kasat Reskrim Polres Kolaka, AKP I Gede Pranata Wiguna dalam konferensi persnya mengatakan, modus operandi para pelaku merental mobil korban dengan alasan untuk digunakan mengurus bisnis.

Selanjutnya, alasan mengurus proyek ataupun menagih pajak yang kemudian korban menyerahkan mobil kepada pelaku.

"Namun ternyata pelaku tidak mengurus proyek, mengurus bisnis ataupun mengurus pajak tapi para pelaku menggadaikan mobil korban tanpa sepengetahuan dan seizin dari korban," jelasnya.

Baca juga: Pemuda Ditangkap Polisi di Baubau Sulawesi Tenggara, Diduga Jadi Kurir Narkoba usai Tempel Sabu

Kata dia, para pelaku juga menggelapkan mobil korban dengan berbagai alasan yaitu ada kebutuhan mendesak, mengurus anaknya mendaftar polisi, sakit, kebutuhan persalinan, hingga membayar utang.

Tak main-main, para pelaku menggadai mobil korban berkisar antara Rp15 juta sampai dengan Rp35 juta.

"Mobil yang dirental dan telah digadaikan oleh para pelaku sebanyak 11 unit, 9 unit mobil telah ditemukan dan 2 unit masih dalam pencarian," tambahnya.

AKP I Gede Pranata Wiguna mengatakan uang hasil gadai mobil dibagi para pelaku dan digunakan membayar utang, rental mobil yang telah dirental, serta digunakan untuk kebutuhan pribadi.

"Jadi, para pelaku melakukan penipuan dan atau penggelapan karena terlilit utang," imbuhnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved