Berita Kendari

RSUD Kendari Bakal Naik Kelas Jadi Tipe B, Pemkot Gandeng Kampus Dirikan Fakultas Kedokteran  

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abunawas atau RSUD Kota Kendari bakal naik kelas menjadi rumah sakit tipe B.

Penulis: Amelda Devi Indriyani | Editor: Laode Ari
Amelda Devi/TribunnewsSultra.com
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, menyebut akan bekerjasama dengan pihak kampus UMK Kendari untuk mendirikan fakultas kedokteran, demi optimalisasi pelayanan untuk kenaikan tipe RSUD Kota Kendari dari C ke tipe B. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM,KENDARI - Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari atau RSUD Abunawas bakal naik kelas menjadi rumah sakit tipe B.

Rumah sakit ini berada di Jl Brigjen ZA Sugianto Nomor 39, Kelurahan Kambu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Diketahui rumah sakit tipe B atau kelas B adalah rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis luas dan subspesialis terbatas.

Rumah sakit kelas B didirikan di setiap ibu kota provinsi (propincial hospital) yang menampung pelayanan rujukan dari rumah sakit kabupaten.

Di mana RSUD Kota Kendari saat ini statusnya masih merupakan rumah sakit yang terdaftar di Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) sebagai tipe C.

Rumah sakit ini memberikan pelayanan di bidang kesehatan yang didukung oleh layanan dokter spesialis serta ditunjang dengan fasilitas medis lainnya.

Baca juga: RSUD Kota Kendari Siap Sarana dan Prasarana Hadapi Kemungkinan Lonjakan Covid-19 Tahun 2022

Selain itu RSUD Kota Kendari juga sebagai rumah sakit rujukan dari Fasilitas Kesehatan (Faskes) tingkat 1, seperti puskesmas atau klinik.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan RSUD Kota Kendari saat ini dalam proses untuk naik menjadi rumah sakit tipe B.

Menurutnya salah satu yang menyemangati pihaknya untuk segera mengusung rumah sakit kota ini menjadi tipe B, yaitu agar nantinya bisa bekerjasama dengan beberapa kampus di Kendari.

Dalam hal ini seperti bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) untuk menghadirkan Fakultas Kedokteran.

"Kami akan membuka ruang untuk bekerjasama dengan beberapa universitas, dalam satunya kami akan mendirikan Fakultas Kedokteran di UMK, termasuk di beberapa kampus lainnya," ujarnya.

Baca juga: Penderita Kanker di RSUD Kota Kendari Terima KIS dan Uang Tunai, Diserahkan Wali Kota Sulkarnain

Diharapkan dengan menghadirkan Fakultas Kedokteran ini nantinya bisa memotivasi anak daerah untuk mengabdi di daerah sendiri yakni di Kota Kendari.

"Artinya semakin banyak kesempatan anak-anak bisa masuk di Fakultas Kedokteran nanti. Karena biasanya kan jika anak-anak ini kuliah di luar kota itu akan susah lagi untuk kembali ke kota asal, karena sudah nyaman dengan tempat dia bersekolah," ujarnya.

Rektor UMK Amir Mahmud membenarkan kerjasama dengan Pemkot Kendari terkait rencana pendirian Fakultas Kedokteran di UMK.

Ia berharap rencana itu bisa segera terwujud di tahun 2022 ini.

"Kami berencana akan mendirikan Fakultas Kedokteran lagi dipersiapkan, mudah-mudahan tahun ini bisa terwujud," ujarnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved