Berita Sulawesi Tenggara

Lukman Abunawas Soal Nama 3 Pj Bupati Usulan Pemprov Sultra, Sudah di Kantong Gubernur Ali Mazi

Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas angkat suara soal nama Pj Bupati Buton Selatan, Buton Tengah, dan Muna Barat.

Penulis: Laode Ari | Editor: Risno Mawandili
Handover
FOTO ILUSTRASI - Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas angkat suara soal nama Pj Bupati Buton Selatan, Buton Tengah, dan Muna Barat. Sudah di kantong Gubernur Sultra, Ali Mazi. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM,KENDARI - Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas angkat suara soal nama Pj Bupati Buton Selatan, Buton Tengah, dan Muna Barat.

Ia mengatakan bahwa tiga nama Penjabat (PJ) Bupati Buton Selatan (Busel), Buton Tengah (Buteng), dan Muna Barat (Mubar), sudah di kantong Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Adapn 3 sosok PJ Bupati Busel, Buteng, dan Mubar tersebut, akan dilantik oleh Ali Mazi pada 23 Mei 2022.

Sebelum pelantikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov Sultra) terlebih dahulu menerbitkan Surat Keputusan (SK) penunjukan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Busel, Buten, dan Mubar.

Tugas Plh Bupati diemban oleh Sekretaris Daerah (Sekda) masing-masing kabupaten terkait.

Baca juga: Bocoran 3 Nama Pj Bupati Usulan Pemprov Sulawesi Tenggara, Dilantik Pada 23 Mei 2022

Plh Bupati yang ditunjuk Pemprov Sultra ditugaskan untuk mengisi kekosongan jabatan selama satu hari.

Pasalnya, ada tenggak waktu satu hari antara berakhirnya masa jabatan bupati definitif dengan pelantikan Pj Bupati.

"Kemarin kami telah menerbitkan Surat Keputusan penunjukan PLH, Jadi untuk mengisi kevakuman bagi tiga kabupaten yang nanti bupatinya berakhir masa jabatannya," ujar Lukman Abunawas ditemui di sela kesibukannya di Kendari, Jumat (20/5/2022).

"Kami menerbitkan SK Plh bagi Sekda untuk menjalankan tugas selama satu hari karena nanti 23 Mei 2022 barulah Pj Bupati dilantik oleh gubenur berdasarkan SK dari menteri," terangnya.

Pemprov Sultra memang telah menyodorkan beberapa nama, kandidat Pj Bupati Busel, Buteng, dan Mubar.

Siapa sosok 3 Penjabat Bupati Buton Tengah (Buteng), Buton Selatan (Busel), Muna Barat (Mubar), diusul Gubernur Sultra Ali Mazi? Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) segera menyurati Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait penunjukan Pj Bupati di Kabupaten Buteng, Busel, serta Mubar tersebut.
Siapa sosok 3 Penjabat Bupati Buton Tengah (Buteng), Buton Selatan (Busel), Muna Barat (Mubar), diusul Gubernur Sultra Ali Mazi? Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) segera menyurati Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait penunjukan Pj Bupati di Kabupaten Buteng, Busel, serta Mubar tersebut. (kolase foto (handover))

Dan kini, Pemprov Sultra telah menerima SK PJ Bupati tersebut, setelah dilakukan seleksi oleh kementerian terkait.

Lukman Abunawas sendiri sudah terang-terangan berkomentar, meskipun menolak membocorkan nama PJ Bupati Busel, Buten, dan Mubar.

"Hari ini diperintahkan gubernur sesuai amanah dari Pak Menteri untuk menerima SK untuk Pj Bupati tersebut, yang pasti sudah ditandatangani oleh Pak Menteri," bebernya.

"Yang jelas nanti diketahui pada tanggal 23 Mei 2022, saat pelantikan," imbuhnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved