Terungkap Alasan Turki Tolak Swedia dan Finlandia Masuk NATO, Erdogan Dendam Pernah Diberi Sanksi

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan delegasi Swedia dan Finlandia 'tak perlu repot-repot' datang ke Ankara untuk membahas penentangan ini.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ifa Nabila
Layanan Pers Kepresidenan Turki/Murat Cetin Muhurdar
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membuka perundingan damai antara negosiator Ukraina-Rusia di Istanbul pada Selasa (29/3/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Terungkap mengapa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menentang bergabungnya Swedia dan Finlandia ke NATO.

Diketahui, Swedia dan Finlandia resmi mengajukan permohonan untuk bergabung dengan NATO, aliansi militer beranggotakan 30 negara yang dipimpin oleh Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde telah menandatangani dokumen aplikasi resmi permohonan keangotaan NATO pada Selasa (17/5/2022).

Dilansir TribunnewsSultra.com dari politico.eu, Linde mengatakan dokumen aplikasi itu akan segera dikirim ke Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg bersama surat serupa dari Finlandia.

Setelah Stoltenberg dan timnya di markas NATO di Ibu Kota Belgia, Brussel memproses kedua aplikasi tersebut, 30 anggota aliansi kemudian akan mengumpulkan suara mereka tentang aksesi akhir.

Baca juga: Update Hari Ke-84 Invasi di Ukraina: Rudal Rusia Hujani Chernihiv hingga Proses Perundingan Damai

Berbicara kepada anggota parlemen dan pasangan kerajaan Swedia, Presiden Sauli Finlandia Niinistö berterima kasih kepada pejabat Swedia yang telah bekerja sama dengan pihak Helsinki selama berbulan-bulan.

Niinistö mengatakan Finlandia dan Swedia sedang bersiap untuk mengambil "langkah bersejarah bersama" yang akan membuat kedua negara dan sekutu mereka lebih aman.

“Keanggotaan Swedia dan Finlandia di NATO akan meningkatkan keamanan kita sendiri dan NATO,” sebut Niinistö.

Raja Swedia Carl XVI Gustaf menyebut keputusan untuk bergabung dengan NATO sebagai “pilihan bersejarah yang kami buat berdampingan dengan negara saudara kami.”

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-83 Invasi Rusia: Pasukan Ukraina di Mariupol Menyerah, Swedia Resmi Daftar NATO

Bagi Swedia dan Finlandia, peralihan ke keanggotaan NATO ini adalah perubahan penting.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved