Breaking News:

Berita Kendari

Mahasiswa Fakultas Farmasi UHO Kendari dan Puskesmas Lepo-lepo Gelar Sosialisasi Pencegahan Stunting

mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo gelar pengabdian masyarakat.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo atau PSPPA UHO Kendari gelar pengabdian masyarakat 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI- Sejumlah mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo atau PSPPA UHO Kendari gelar pengabdian masyarakat.

Pengabdian masyarakat diusung ialah sosialiasi serta pemberian obat pencegahan massal (POPM) kecacingan untuk mencegah stunting pada anak usia sekolah.

Mahasiswa, Evi Apriyani mengatakan giat ini  merupakan kolaborasi dengan kemitraan Puskesmas Lepo-lepo yang melibatkan tiga dosen pembimbing.

Baca juga: Dewi Safitri Mahasiswi UHO Kendari Terpilih Jadi Duta Pariwisata Sulawesi Tenggara 2022

"Kami mahasiswa Angkatan ke-VI yang dibimbing bersama dosen kami meliputi Dr. Apt. Asriullah Jabbar, Apt. Suryani, dan Apt. Dian Munasari Solo," katanya, Minggu (15/5/2022).

Lebih lanjut, ia menerangkan kegiatan itu bertujuan menjelaskan kepada anak-anak mengenai cara pencegahan terjadinya penyakit kecacingan.

"Pentingnya pola hidup bersih dan sehat demi menunjang tumbuh kembang mereka dan angka terjadinya infeksi kecacingan pada anak menurun, sehingga meningkatkan kualitas belajar mereka di usia sekolah," ungkapnya.

Katanya, permasalahan terjadi saat ini ialah masih tingginya kasus infeksi kecacingan pada anak, sehingga mengalami kekurangan gizi di masa tumbuh kembang melambat.

Ia mengungkapkan dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak khususnya anak sekolah dasar dapat memahami dan mempraktekkan pola hidup bersih di kehidupan sehari-hari.

Baca juga: BEM UHO, UMK, IAIN dan Unsultra Minta Pemerataan Pendidikan di Indonesia pada Momen Hardiknas 2022

"Rutin minum obat cacing tiap 6 bulan sekali, sehingga dapat menurunkan angka terjadinya kasus penyakit kecacingan pada anak," terangnya.

Disebutkannya pula, selama kegiatan sosialisasi dan pembagian obat cacing berlanngsung di Madrasah Ibtidaiyaah Nurul Magfirah Kendari

"Iya jadi mereka cepat mengerti apa yang dijelaskan pemateri, karena dapat dilihat saat diberikan pertanyaan kepada anak-anak mereka sangat bersemangat untuk menjawab pertanyaan dari pemateri," imbuhnya.

Baca juga: Mendiang Wa Ode Poland Djafir Oda Dikenang sebagai Sosok Anak Sopan, Punya Bakat Luar Biasa

Evi Apriyani berharap kegiatan ini dapat berlangsung secara rutin dengan target sekolah yang lebih banyak di semua wilayah khususnya di Kota kendari dan Sulawesi tenggara pada umumnya.

Untuk diketahui, Kegiatan ini berlangsung di Madrasah Ibtidaiyaah Nurul Magfirah, Kecamatan Lepo-lepo, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara pada 2 Februari 2022.

"Jadi sejumlah mahasiswa Apoteker UHO yang terlibat dalam pengabdian masyarakat ini diantaranya Evi Apriyani, Andi Lastri, Rifal Setiyadi, Imrok Atun Solikha dan Masdianingsi," tutupnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved