Berita Kolaka

Dinas Perkebunan dan Peternakan Inisiasi Kampung Coklat Jadi Ikon di Kolaka Sulawesi Tenggara

Inilah kondisi lahan Kampung Coklat Kolaka di Kelurahan Lalomba, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

TribunTimur.com/ Sanovra Jr
Kampung Coklat Kolaka Sulawesi Tenggara 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KOLAKA - Inilah kondisi lahan Kampung Coklat Kolaka di Kelurahan Lalomba, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kolaka, Hasbir Jaya Razak mengatakan Kabupaten Kolaka dikenal sebagai Kakao City, sehingga Kampung Coklat ini diharapkan bisa menjadi salah satu ikon.

Kata dia, di tempat ini terdapat hamparan tanaman cokelat sehingga pengunjung bisa mendapatkan edukasi mengenai tanaman cokelat atau kakao.

Di antaranya, proses awal hingga akhir, sebab cokelat menjadi komoditas unggulan masyarakat Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Lahan seluas 2 hektar milik Pemerintah Kabupaten Kolaka ini, dikelola langsung Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kolaka.

Baca juga: Potret Wisatawan Memadati Sungai Terpendek di Dunia Desa Tamborasi Kolaka saat Libur Lebaran

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka ini menjelaskan Kampung Coklat Kolaka berfungsi sebagai agrowisata berbasis perkebunan kakao.

Hasbir Jaya Razak mengatakan salah satu fasilitas di tempat ini adalah Unit Pengolahan Hasil (UPH) Kakao.

UPH tersebut diharapkan bakal memproduksi produk-produk olahan kakao baik itu berupa pasta maupun serbuk yang siap saji atau siap dikonsumsi.

"Sektor perkebunan ini bisa berkolaborasi dengan SKPD seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kolaka membina UMKM melalui UPH," ujarnya saat mengunjungi Kampung Coklat, Sabtu (7/5/2022).

"Dinas Pariwisata Kolaka juga bisa menciptakan objek wisata di Kampung Coklat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka menjadikan media edukasi bagi siswa sekolah tingkat TK, SD, dan SMP," tambahnya.

Dinas Perkebunan dan Peternakan Inisiasi Kampung Coklat Jadi Ikon di Kolaka Sulawesi Tenggara
Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Hasbir Jaya Razak

Menurutnya, dengan kolaborasi tersebut Kampung Coklat Kolaka ini dapat menjadi media dan sarana produksi kakao.

Selain Unit Pengolahan Hasil (UPH) Kakao ada beberapa fasilitas lain di antaranya Kantor UPTD, Education Center, Galeri Coklat, Teater Sarana Pelatihan Kakao, dan Gudang Penyimpanan Kakao. (*)

(Tribun Timur/Sanovra Jr)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved