Berita Wakatobi

Mengenal Festival Potapaki, Pesta Rakyat Desa Kulati di Wakatobi Gelaran usai Hari Raya Idulfitri

Berikut gelaran pesta rakyat yang dikemas dalam festival disebut dengan Festival Potapaki yang gelarannya tiap selesai perayaan Hari Raya Idulfitri.

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/Husni Husein
Mengenal Festival Potapaki, Pesta Rakyat Desa Kulati di Wakatobi Gelaran usai Hari Raya Idulfitri 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Berikut ini gelaran pesta rakyat yang dikemas dalam festival disebut dengan Festival Potapaki yang gelarannya tiap selesai perayaan Hari Raya Idulfitri.

Gelaran pesta rakyat Festival Potapaki ini dapat dijumpai bila berada di Desa Kulati, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Desa, La Ode Burhanuddin mengatakan Festival Potapaki merupakan salah satu pesta rakyat yang dikhususkan untuk menyambut para perantau yang pulang ke desanya.

Hal ini disampaikannya kepada tim TribunnewsSultra.com, saat ditemui di sela-sela gelaran festival tersebut berlangsung pada Selasa (3/5/2022) sore.

Lebih lanjut, La Ode Burhanuddin mengungkapkan Festival Potapaki ini merupakan tradisi turun- temurun Desa Kulati di Wakatobi, Sultra yang kini dikemas dalam sebuah festival.

Baca juga: Polelei Tradisi Unik di Binongko Sultra saat Lebaran, Bersama-sama Berkunjung dari Rumah ke Rumah

Ia menambahkan, untuk gelaran Festival Potapaki tahun ini merupakan gelaran ke-6 sejak awal digelar pada tahun 2006 lalu dam gelarannya tiap tiga tahun sekali.

"Tahun ini merupakan gelaran ke-6 sejak digelar tahun 2006, kemudian 2009, pada 2012, 2015, 2018 dan yang ke-6 itu seharunya 2021 namun karena pandemi Covid-19 jadi kita tunda dan tahun ini baru digelar," katanya.

La Ode Burhanuddin menerangkan gelaran Festival Potapaki ini digelar sejak tanggal 19 April 2022 hingga tanggal 4 Mei 2022 besok sebagai puncak acara.

"Berbagai atraksi budaya berupa tarian, nyanyian, permainan daerah, maupun lomba dan kegiatan keagamaan akan menyemarakkan Kulati selama sebulan lebih," tuturnya.

Seperti dikutip TribunnewsSultra.com dari Kompas.com, dalam bahasa setempat Potapaki berarti mari bermusyawarah.

Baca juga: Wisata Pantai Nambo Kendari Mulai Dipadati Pengunjung H+1 Lebaran Idulfitri 2022

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved