Idulfitri 2022

Tata Cara dan Doa Ziarah Kubur Singkat, Sesuai Sunnah Dibaca Untuk Orang Tua, Begini Kata Buya Yahya

doa ziarah kubur singkat untuk orang tua. Adapun doa ziara kubur sesuai sunnah ini adalah anjuran dari Rasulullah Shallalahu ‘alaihi Wa Sallam

Penulis: Muhammad Israjab | Editor: Muhammad Israjab
(Amelda Devi Indriyani/TribunnewsSultra.com)
doa ziarah kubur singkat untuk orang tua. Adapun doa ziara kubur sesuai sunnah ini adalah anjuran dari Rasulullah Shallalahu ‘alaihi Wa Sallam 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Berikut doa ziarah kubur singkat untuk orang tua. Adapun doa ziara kubur sesuai sunnah ini adalah anjuran dari Rasulullah Shallalahu ‘alaihi Wa Sallam yang selalu dibaca saat ziarah kubur.

Diketahui ziarah kubur ini banyak dikunjungi menjelang akhir Ramadan sehingga menjadi momen bagi keluarga untuk mengunjungi makam sanak keluarga seperti orang tua. Lalu bagaimana doa ziarah kubur singkat dan doa ziarah kubur sesuai sunnah, simak penjelasan berikut ini.

Momen ziarah kubur ini adalah bagian atau sudah menjadi hal biasa dilakukan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Ziarah kubur, biasanya akan menjadi tradisi ketika awal memasuki Ramadhan dan ketika akhir Ramadhan, bahkan saat memasuki Hari Raya Idul Fitri. Nah, di sini akan dijelaskan doa ziarah kubur singkat dan doa ziarah kubur sesuai sunnah.

Jika melihat sejumlah hadits, sebenarnya tak ada doa ziarah kubur yang dianjurkan Rasulullah Shallalahu ‘alaihi Wa Sallam.  Namun bacaan doa yang dianjurkan Rasulullah SAW dapat diaplikasikan saat berziarah ke makam orang tua atau keluarga.

Baca juga: Ramadan 2021, Berikut Doa Ziarah Kubur dan Tata Caranya Sesuai Sunah Rasul

Rasulullah Shallalahu ‘alaihi Wa Sallam mengajarkan para sahabat ketika keluar menuju kubur dengan membaca doa di atas. Hadits di atas dari Sulaiman bin Buraidah, dari bapaknya. (HR. Muslim, no. 975)

Berikut doa ziarah kubur yang bisa diamalkan:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

ASSALAMU ’ALAIKUM AHLAD-DIYAAR MINAL MU’MINIIN WAL MUSLIM, WA INNA INSYAA ALLOOHU BIKUM LA-LAAHIQUUN, WA AS-ALULLOOHA LANAA WALAKUMUL ‘AAFIYAH.

“Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.”

Simak tata cara ziarah kubur

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved