Berita Kendari

Perum Damri Cabang Kendari Siapkan 24 Armada, Antisipasi Lonjakan Penumpang Mudik Lebaran

Perusahaan Umum (Perum) Damri Cabang Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) sebut pemudik Lebaran mulai meningkat pada Rabu (27/4/2022).

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Manajer Operasional Perum Damri Cabang Kendari Dadang Rahmat 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Perusahaan Umum (Perum) Damri Cabang Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) sebut pemudik Lebaran mulai meningkat pada Rabu (27/4/2022).

Manajer Operasional Perum Damri Cabang Kendari, Dadang Rahmat mengatakan pemudik sudah mulai mendatangi dan menggunakan jasa Damri sejak H-10 Lebaran.

Namun penumpang masih sedikit, sekiranya baru 30-50 persen dari jumlah kapasitas bus. Sedangkan, tepat H-5 Lebaran, penumpang meningkat sekiranya 70-80 persen.

"Menurut pengamatan kami hari ini kepadatan penumpang sudah mulai terasa," kata Dadang saat ditemui di Kantor Perum Damri Cabang Kendari, Rabu (27/4/2022).

Kebanyakan para penumpang menuju Kolaka, Muna Barat, Buton Tengah, Pure, Ereke, Abuki dan beberapa daerah lainnya hingga ke daerah pelosok.

Baca juga: Parkiran Kendaraan Penuh, Pengunjung Padati Mall Mandonga Kendari Sepekan Jelang Lebaran Idul Fitri

Dadang menjelaskan, Damri sendiri memiliki 24 armada bus Damri yang siap beroperasi dan sembilan rute (trayek) perintis dan satu trayek Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Kata dia, masing-masing trayek perintis menggunakan dua bus, sehingga sembilan trayek memakai 18 bus, sedangkan satu trayek AKDP menggunakan dua bus.

Sehingga dari 24 armada, sekiranya 20 bus yang sedang beroperasional di lapangan setiap harinya dan empat bus lainnya menjadi cadangan.

Kesembilan trayek perintis tersebut, kata dia, memiliki rute Baubau-Kamaru, Baubau-Lapandewa, dan Baubau-Pajala.

Kemudian, Kendari-Penanggo, Kendari-Abuki, Kendari-Toari, Kendari-Ereke, Kendari-Amolengo-Baubau, Kendari-Tondasi, untuk trayek AKDP sendiri memiliki rute Kendari-Mawasangka.

Baca juga: Macet di Bundaran Tank Anduonohu Kendari hingga 2 Kilometer, Pengendara Terpaksa Buka Puasa di Jalan

Menurutnya, dengan mulai terjadinya lonjakan penumpang, pihaknya menambah armada bus cadangan pada beberapa trayek yang memang paling banyak penumpangnya.

"Tadinya cuma satu bus jadi dua bus seperti di trayek Kendari-Amolengo-Baubau dan Kendari-Tondasi, karena sudah mulai ada kepadatan penumpang," jelasnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved