Berita Kendari

Hari Kesiapsiagaan Bencana 26 April 2022, UKM SAR UHO Gandeng BPBD Kota Kendari

Unit Kegiatan UKM SAR UHO Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) gelar sosialisasi dan pelatihan.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Kegiatan search and rescue (SAR) atau UKM pencarian dan pertolongan Universitas Halu Oleo (UHO), Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) gelar sosialisasi dan pelatihan 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Unit Kegiatan UKM SAR UHO Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) gelar sosialisasi dan pelatihan.

Sosialisasi dan pelatihan itu mengenai cara dan sigap dalam menyikapi bila terjadi bencana kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri atau SMAN 3 Kendari, Sultra.

Ketua Umum UKM SAR UHO Kendari, Muhammad Matin Adhiddia mengatakan giat ini merupakan rangakaian dari memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana pada tanggal 26 April 2022 mendatang.

Seperti diketahui, Hari Kesiapsiagaan Bencana adalah inisiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang diperingati 26 April 2022 mendatang.

Baca juga: Bakti Sosial di Kampung Pemulung, UKM KSR PMI Unit UHO Berikan Paket Buka Puasa dan Sembako  

Seperti dikutip TribunnewsSultra.com, dari situs resmi BPBD, Hari Kesiapsiagaan Bencana dimaksudkan untuk mengajak semua pihak meluangkan waktu satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak.

Muhammad Matin Adhiddia menerangkan dalam kegiatannya, UKM SAR UHO menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Jadi materinya itu ada dua yaitu Siaga Mandiri yang dibawakan dari Kelapa BPBD Kota Kendari, Paminuddin dan Siaga Bencana dibawakan sama saya sendiri selaku Ketua Umum UKM SAR UHO," katanya pada Minggu (24/4/2022).

Baca juga: UKM SAR UHO Kendari Gelar Raker 2022, Lantik 25 Pengurus Baru Jelang Munas 2023

Mengusung tema Humanitarian Character Building, giat ini diikuti antusias para pelajar dengan memperhatikan setiap arahan dan dari pemateri, terlebih, panitia pelaksana menyiapkan prize quize atau kuis berhadiah.

Untuk itu, Muhammad Matin Adhiddia  berharap siswa-siswi yang mengikuti sosialisasi dan pelatihan ini dapat menerapkannya nanti bila keadaan mendesak.

"Dengan suksesnya kegiatan ini para pelajar SMAN 3 Kendari ini dapat memahami bagaimana kita dalam situasi bencana dan tentu pelaksanaannya bisa kembali dilakukan," harapnya.

Disebutkannya pula, giat ini merupakan program kerja UKM SAR UHO 2022 bertajuk SAR UHO Goes to School 2022 yang pelaksanaanya bakal diadakan kembali. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved