Berita Sulawesi Tenggara

18 Desa Wisata di Sulawesi Tenggara Masuk 500 Besar Nominasi ADWI 2022 Kemenparekraf

Sebanyak 18 Desa Wisata di Sulawesi Tenggara (Sultra) masuk dalam 500 besar nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 Kemenparekraf.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Sebanyak 18 Desa Wisata di Sulawesi Tenggara (Sultra) masuk dalam 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Salah satunya, Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari, Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra). 

TRIBUNNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Sebanyak 18 Desa Wisata di Sulawesi Tenggara (Sultra) masuk dalam 500 besar nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Ke-18 desa tersebut yaitu Desa Wisata Tinukari Adventure, Kabupaten Kolaka Utara, Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari, Konawe Selatan.

Desa Wisata Kuliner Ulu Sawa dan Desa Wisata Labengki, Konawe Utara, Desa Wisata Wabula dan Desa Wisata Wasuemba, Kabupaten Buton.

Desa Wisata Terapung, Kabupaten Buton Tengah, Desa Wisata Sani-Sani dan Desa Wisata Pantai Tamborasi, Kabupaten Kolaka.

Kemudian, Desa Wisata Kampung Tenun Masalili, Kabupaten Muna, Desa Wisata Santiri, Kabupaten Muna Barat.

Baca juga: Punya Destinasi Unik, Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga Kembangkan Sektor Desa Wisata

Selanjutnya, Desa Wisata Kahianga, Desa Wisata Kallo Soha, dan Desa Wisata Tanomeha Mangrove Park, Kabupaten Wakatobi.

Desa Wisata Limbo Bungi, Desa Wisata Limbo Wolio, Desa Wisata Limbo Wasamparona, dan Desa Wisata Limbo Wantiro, Kota Baubau.

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara (Sultra), H Belli Tombili mengatakan Desa Wisata yang telah lolos ke tahap kurasi 500 besar nominasi ADWI 2022 akan melalui penilaian kembali oleh dewan juri.

"Desa Wisata ini masih akan diseleksi untuk ke tahap selanjutnya," ujar Belli Tombili di Kendari, Sabtu (23/4/2022).

Untuk pencapaian ini, ia mengucapkan selamat kepada para kepala desa, kelompok sadar wisata, dan para pendamping desa yang desanya masuk dalam 500 besar nominasi ADWI 2022.

Baca juga: Tamborasi, Sungai Terpendek Dunia hingga Pantai, Destinasi Wisata Unik di Kolaka Sulawesi Tenggara

Ia juga mengapresiasi komitmen dan kerja sama Dinas Pariwisata Sultra, Dinas Pariwisata Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mengembangkan Desa Wisata. (*)

(TribunnewsSUltra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved