OPINI

Opini: Pemindahan Ibu Kota Negara 'NUSANTARA' Melambangkan Cita-Cita Negara Indonesia

Ditinjau dari segi geografis ibu kota Jakarta telah menanggung beban yang cukup berat untuk menyangga beban yang ada diatasnya.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Ketua BEM Universitas Sulawesi Tenggara, Hasir 

OPINI: Ketua BEM Universitas Sulawesi Tenggara, Hasir

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemindahan Ibu Kota Negara menjadi keharusan demi terciptanya keseimbangan ekonomi, sosial, dan politik.

Ditinjau dari segi geografis ibu kota Jakarta telah menanggung beban yang cukup berat untuk menyangga beban yang ada diatasnya.

"Seperti yang kita ketahui dari laporan BMKG Jakarta setiap tahun turun sekitar 5 cm per tahun," kata Ketua BEM Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Hasir pada Selasa (19/4/2022).

Akibatnya dari penurunan tersebut mengakibatkan sering terjadi banjir hal tersebut dikarenakan dataran Jakarta yang rendah dan daya serap air yang kurang.

Baca juga: Opini: Membangun Kualitas Revolusi Industri 5.0 Dalam Pengembangan SDM Desa di Sulawesi Tenggara

Hal ini tentunya tidak bisa kita pandang remeh, apalagi Jakarta sebagai pusat Ibu Kota Negara dan pusat industri.

Beliau juga menambahkan beberapa faktor pertimbangan utama mengapa Ibu Kota harus dipindahkan ke Kalimantan Timur diantara nya yaitu :

Dari segi ekonomi: secara umum Jakarta adalah pusat ekonomi dan industri sekitar 80 % keuangan berputar di Jakarta hal ini tentunya menyebabkan ketimpangan ekonomi di luar Jakarta.

Kita melihat Secara umum wilayah Indonesia semakin ke barat atau ke timur semakin kurang pembangunan maka dianggap perlu dipindahkannya ibu kota agar pembangunan bisa merata dan distribusi perputaran uang bukan hanya di pulau Jawa namun di luar pulau Jawa.

Dari segi sosial: Kota Jakarta sudah padat akan populasi hal tersebut dapat terlihat fakta lapangan dan dapat dilihat dari data dinas pencatatan Sipil tahun 2020 DKI Jakarta Selama bulan Januari hingga Oktober 2020.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved