Berita Kolaka

Ini Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah di Kolaka, Lengkap Bacaan Niat Diri Sendiri, Istri dan Anak

Inilah besaran jumlah zakat firtah dan fidyah yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Kolaka tahun 1443 Hijriah/ 2022 Masehi.

Istimewa
Ini Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah di Kolaka, Lengkap Bacaan Niat Diri Sendiri, Istri dan Anak 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KOLAKA - Inilah besaran jumlah zakat firtah dan fidyah yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Kolaka tahun 1443 Hijriah/ 2022 Masehi.

Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Kolaka memutuskan besaran jumlah zakat fitrah dan fidyah yang harus dibayarkan masyarakat.

Menurut Surat Keputusan MUI Kabupaten Kolaka, besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan bagi masyarakat yang mengonsumi besar sebesar Rp28 ribu per orang.

Kemudian, bagi masyarakat yang mengonsumsi sagu, besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebesar Rp17.500 per orang.

Sementara itu, untuk masyarakat yang mengonsumsi jagung, harus mengeluarkan zakat fitrah sebesar Rp28 ribu per orang.

Baca juga: IZI Sulawesi Tenggara Buka Layanan Jemput dan Gerai Zakat di Pusat Perbelanjaan Kota Kendari Sultra

Selain itu, MUI Kabupaten Kolaka juga menetapkan besaran fidyah pada tahun 2022 senilai Rp40 ribu per hari.

Fidyah ini dikeluarkan bagi mereka yang tidak berpuasa karena uzur syar'iyah kepada orang miskin yang berpuasa dan rajin beribadah salat.

MUI Kabupaten Kolaka mengimbau agar masyarakat bisa lebih cepat membayarkan zakat fitrah dan fidyah tersebut sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh penerima.

Untuk diketahui, SK tersebut ditetapkan pada 7 April 2022 melalui musyawarah bersama Kabag Kesra Setda Kolaka, Dinas Perindustrian Perdagangan, Baznas, Kementerian Agama, dan MUI Kolaka.

SK ini ditandatangani Ketua Komisi Fatwa MUI Kolaka, Syamsuddin B, dan Ketua Umum DPD MUI Kolaka KH M Zakariah dan Sekretaris Umum DPD MUI Kolaka, H M Duwana Said.

Baca juga: Pemerintah Kota Kendari Resmi Tetapkan Zakat Fitrah 2022, Lengkap Segini Besarannya per Jiwa

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved