Berita Konawe Utara

Bupati Konawe Utara Ruksamin Ceramah Tarawih di Masjid Kanwil Kemenag Sultra, Ungkap Pentingnya SDM

Bupati Konawe Utara Ruksamin memberikan ceramah tarawih bulan Ramadhan di Masjid Amal Bhakti Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara.

Penulis: Sitti Nurmalasari | Editor: Aqsa
Dok Humas Kemenag Sultra
Bupati Konawe Utara Ruksamin ceramah tarawih bulan Ramadhan di Masjid Amal Bhakti Kanwil Kemenag Sultra pada Selasa (10/4/2022) malam. Ceramah Ramadhan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara, Jl Jend Ahmad Yani, Wua-Wua, Kota Kendari, itu merangkai sholat Isya dan sholat tarawih berjamaah. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Bupati Konawe Utara Ruksamin memberikan ceramah tarawih bulan Ramadhan di Masjid Amal Bhakti Kanwil Kemenag Sultra pada Selasa (10/4/2022) malam.

Ceramah Ramadhan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara, Jl Jend Ahmad Yani, Wua-Wua, Kota Kendari, itu merangkai sholat Isya dan sholat tarawih berjamaah.

Hadir Kepala Kanwil Kemenag Zainal Mustamin bersama jajaran, pengurus masjid, dan jamaah.

Bupati Konut dalam ceramahnya menyebut pentingnya sumber daya manusia (SDM) dalam membangun kualitas keimanan dan ketakwaan.

Menurut Ruksamin, pendidikan menempati urutan pertama dalam peningkatan SDM.

Baca juga: Hukum Menjual Makanan Siang Hari pada Bulan Ramadhan, Apakah Berdosa atau Tidak?

“Mulai dengan pendidikan inilah, para ibu paham mengatur anak, mendidik anak, mengatur makanan di rumah, dan tidak melupakan ibadahnya itu semua karena ada ilmu,” katanya.

“Begitu pula bagi ASN, pedagang, petani, atau apapun profesi kita semua kita lakukan ikhlas karena kita tahu ilmunya,” jelasnya menambahkan dikutip TribunnewsSultra.com dari situs resmi Kemenag Sultra, sultra.kemenag.go.id.

Dia juga menyebut dengan perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat, umat Islam tidak boleh tertinggal dan harus menjadi bagian yang mengambil peran.

Termasuk menyesuaikan dan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi tersebut untuk meningkatkan SDM dalam meraih keimanan dan ketaqwaan.

“Namun saat ini kita perlu berhati-hati karena dunia sudah tidak ada batasan, menerima informasi, memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya jika tidak justru kita akan terjerumus,” ujarnya.

Baca juga: Kadin Sulawesi Tenggara Imbau Pengusaha Patuhi Aturan Pembayaran THR Idul Fitri 2022

“Kalau dulu anak belum tidur karena tadarrusnya tapi sekarang karena bermain handphone. Tidak sedikit dari kita terjerumus karena salah memanfaatkan teknologi dan informasi,” katanya menambahkan.

Dia mengajak seluruh jamaah menjadikan momen di bulan Ramadhan sebagai laboratorium yang akan membentuk generasi umat Islam.

Memperoleh derajat iman dan takwa dengan mendisiplikan diri di bulan suci Ramadhan.

Menurutnya, bukan sesuatu yang kebetulan kita diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadhan sebagai bulan pertama kalinya diturunkannya Al Quran.

Begitupun Iqra’ yang berarti bacalah, perintah Allah dalam awal surat Al Alaq yang merupakan surat Al Quran yang pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

“Manfaatkan sebaik-baiknya waktu kurang lebih dua puluh hari, jangan lupa kita pelajari semua isi yang ada dalam Al Quran semoga kita mendapat derajat takwa,” jelasnya.

Usai pelaksanaan sholat tarawih berjamaah, Ruksamin bersama Zainal Mustamin, dan pengurus masjid Amal Bhakti mengundi doorprize bagi jamaah masjid.

Doorprize berhadiah 50 paket berkah Ramadhan bersahabat yang diserahkan setiap malam selama bulan Ramadhan.(*)

(TribunnewsSultra.com/Sitti Nurmalasari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved