Berita Kendari

Universitas Sulawesi Tenggara Kolaborasi BLK Kendari dan Kapten Indonesia Cetak Mahasiswa Siap Kerja

Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) kolaborasi Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari dan Komunitas Penyedia Tenaga Kerja Internasional Indonesia.

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Universitas Sulawesi Tenggara atau Unsultra kolaborasi Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari dan Komunitas Penyedia Tenaga Kerja Internasional (Kapten) Indonesia. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) kolaborasi Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari dan Komunitas Penyedia Tenaga Kerja Internasional (Kapten) Indonesia.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unsultra, BLK Kendari, dan Kapten Indonesia berlangsung di Kampus Unsultra, Rabu (16/2/2022).

Rektor Unsultra, Prof Dr Andi Bahrun mengatakan kolaborasi ini merupakan bentuk dari upaya Unsultra mencetuskan mahasiswa yang siap kerja.

"Kami target sebenarnya bagaimana dari semester awal itu mahasiswa sudah bekerja dan salah satu peluangnya untuk mendapatkan skill itu lewat magang di BLK Kendari," katanya.

Ia menuturkan hal ini salah satu bentuk komitmen Unsultra untuk mempersiapkan mahasiswa maupun alumninya dapat dibekali skill dan keterampilan.

Baca juga: Sebut Rakyat Dipedulikan, Ketua BEM Unsultra Minta Tak Salahkan Pemerintah Soal PPKM

Untuk itu, kata orang nomor satu di Unsultra ini, menerangkan skill tersebut didapatkan mahasiswa melalui praktik nyata di dunia kerja.

"Makanya kita bekerja sama dengan Kapten Indonesia untuk menjadi wadah yang dapat menjembatani mahasiswa magang maupun bekerja di luar negeri," jelasnya.

Prof Dr Andi Bahrun berharap dengan MoU ini lulusan Unsultra tidak menjadi bagian dari angka pengangguran yang ada di Sulawesi Tenggara.

"Memutus angka pengangguran terlebih di lingkup perguruan tinggi negeri tersebut," kata Rektor Unsultra.

Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu mengatakan kerja sama ini salah satu upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bidang pendidikan, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga: Cara Unsultra Tanamkan Sikap Positif kepada Mahasiswa, Cegah Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus

"Ini dapat menjadi lembaga-lembaga pelatihan sebagai kampus kedua bagi mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan skill dan keterampilan," katanya.

Katanya, mahasiswa yang usai menjalankan pelatihan di BLK Kendari akan diberikan sertifikat sebagai pengantar pendamping ijazah saat melamar pekerjaan.

"Nanti itu syarat utama untuk masuk di dunia pekerjaan bagian usaha, pertama adalah skill dan keterampilan, kedua adalah ijazah," terangnya.

"Namun apabila di dunia instansi maka yang dibutuhkan pertama adalah ijazah kemudian skill dan keterampilan," imbuhnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved